Wajan adalah salah satu peralatan dapur yang wajib dimiliki. Selain menggoreng, wajan bisa digunakan untuk memanggang. Simak Caranya di bawah ini!

Wajan memang identik untuk digunakan untuk menumis, namun kenyataannya peralatan masak yang satu ini sangatlah multifungsi. Wajan sendiri bisa digunakan untuk merebus, menggoreng, bahkan memanggang. Dibutuhkan trik khusus untuk menggunakan wajan agar kue dapat matang sempurna. Bagaimana cara memanggang menggunakan wajan?

Konsistensi Adonan Kue dan Roti

Satu hal yang perlu diingat sebelum memanggang kue dan roti menggunakan wajan datar atau wajan anti lengket adalah tidak semua resep kue dapat dibuat. Biasanya untuk kue, wajan datar atau wajan anti lengket lebih cocok menggunakan resep berbentuk padat seperti kue kering, pizza, dan bakpia. Kue tersebut didominasi oleh bahan kering, sehingga tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk membuat tekstur luar dan dalamnya matang sempurna.

Tapi bukan berarti kita tidak bisa membuat kue yang memiliki adonan cair ya. Buatlah kue yang memiliki konsistensi kental, seperti martabak manis, bika ambon pandan , brownies. Penasaran ingin mencoba membuatnya?

Menggunakan Wajar Datar dan Anti Lengket

Setelah menentukan resep kue yang akan dibuat nantinya, lihat juga jenis wajan yang akan digunakan. Umumnya, frying pan lebih umum digunakan, karena memiliki panas yang lebih merata dan stabil. Dengan bahan anti lengket, tak perlu khawatir kue dan roti akan tertinggal. Panaskan wajan dahulu sebelum adonan dituang. Panaskan sekitar 7-10 menit hingga suhu teflon cukup hangat, karena jika terlalu panas justru akan membuat adonan kue basah memiliki banyak pori dipermukaannya.

Mengolesi Wajan dengan Mentega Sebelum Dipanggang

Walaupun telah menggunakan wajan anti lengket, oleskan sedikit mentega atau margarin pada wajan. Wajan berguna untuk mencegah adonan terlalu menempel, selain itu, mentega atau margarin dapat membantu memberikan aroma, sehingga kue atau roti akan harum. Jika wajan yang digunakan masih lengket, taburkan sedikit tepung pada permukaan wajan layaknya loyang kue.

Menggunakan Api Paling Kecil untuk Memanggang

Salah satu kunci keberhasilan dalam memanggang kue atau roti menggunakan wajan adalah bersabar. Untuk memanggang, gunakan api yang palng kecil. Adonan kue berbeda dengan daging yang lebih cepat matang. Ia membutuhkan lebih banyak waktu, sehingga butuh kesabaran. Selain itu, jangan membuka tutup wajan terlalu sering, karena beresiko membuat kue menjadi bantat. Tunggulah hingga waktu yang telah ditentukan dan tusuk dengan lidi untuk mengecek tingkat kematangannya.

Itulah beberapa trik cerdas untuk membuat kue dan roti menggunakan wajan. Wajan dapat digunakan sebagai alternatif jika ENDEUSiast tak memiliki oven atau panci untuk mengukus adonan kue. Selain wajan, ENDEUSiast menggunakan rice cooker lho.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.