Selain disajikan panas, sajian kopi dingin juga sangat populer dan banyak digemari. Berikut ini beberapa sajian kopi dingin.

Sebagian besar orang memang menyukai sajian kopi yang panas, namun sebagian lainnya ternyata malah menyukai sajian kopi yang dingin . Di Indonesia sendiri sajian kopi dingin menjadi populer beberapa tahun belakangan mengingat cuaca Indonesia yang panas.

Sajian kopi dingin pertama kali muncul di Amerika di abad ke-19, namun beberapa tahun belakangan ini sajian kopi dingin semakin bervariasi. Ini beberapa minuman kopi dingin yang wajib kamu cicipi!

1/ Es kopi susu

Sajian kopi susu sudah ada sejak lama, namun kalau es kopi susu baru samenjadi tren sekitar tahun 2017. Es kopi susu ini dibuat dari campuran espresso, susu kental manis, susu segar, es batu, dan juga gula aren atau brown sugar. Sajian kopi ini cocok kalau ENDEUSiast tidak suka rasa kopi yang terlalu keras karena penambahan susu membuat minuman kopi ini menjadi lebih gurih dan rasa kopinya lebih ringan.

2/ Ice Americano

Kalau ENDEUSiast senang nonton drama Korea pasti tidak asing dengan sajian kopi yang satu ini. Ice Americano adalah jenis kopi long black yang dicampur dengan air. Perbandingan air dan kopi adalah 1:3. Meskipun dicampur dengan air, namun ice Americano ini mempunyai rasa kopi yang kuat dan tidak manis. Varian Americano ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun varian dinginnya baru booming beberapa tahun belakangan ini.

3/ Nitro coffee

Sajian kopi yang lainnya adalah nitro coffee. Sajian kopi ini bisa dikategorikan unik karena dalam pembuatannya menggunakan nitrogen yang dimasukkan ke dalam kopi sehingga menghasilkan gelembung busa di bagian atasnya. Bila dilihat sekilas nitro coffee terlihat seperti beer. Dibanding dengan sajian kopi lainnya, nitro coffee mempunyai rasa yang lebih kental, creamy, dan juga lebih manis.

4/ Coffee cube ice

Salah satu sajian kopi dingin yang kekinian adalah coffee cube ice. Sajian ini menyuguhakn espresso yang dibekukan dan disajikan secara beku. Uniknya es batu kopi ini disajikan dengan segelas susu putih dan juga gula. Sehingga ENDEUSiast bisa mencampur sendiri ketiga bahan tersebut dalam gelas sesuai dengan selera.

5/ Cold brew

Sajian kopi yang satu ini mirip dengan sajian kopi pada umumnya hanya saja menggunakan air bersuhu ruangan sehingga disebut dengan cold brew. Setelah kopi diseduh dengan air, kemudian kopi didiamkan dalam kulkas selama semalam atau lebih. Kalau dilihat sekilas, cold brew coffee ini mirip dengan pembuatan infused water hanya saja bahan yang digunakan adalah bubuk kopi.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.