Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Sajian perayaan Nyepi yang tidak boleh terlewatkan adalah Nasi Tepeng. Kuliner nasi yang lezat dan murah meriah cocok untuk sarapan ENDEUSiast

Bingung mencari sarapan yang tepat ketika sedang berlibur ke Bali? Tidak ada salahnya untuk mencoba Nasi Tepeng yang merupakan sajian khas Gianyar, Bali. Nasi Tepeng menjadi pilihan utama bagi masyarakat Bali terutama yang tinggal di daerah Gianyar. Sekalipun berasal dari daerah tersebut namun tidak sulit mencari sajiannya di tempat lain.

Umumnya, masyarakat Bali menggunakan Nasi Tepeng sebagai sajian untuk perayaan hari Nyepi yang tidak boleh terlewatkan. Selain itu, Nasi Tepeng juga cocok disantap sebagai menu sarapan karena tekstur nasinya yang seperti bubur. Itu sudah menjadi ciri khas dari nasi Gianyar yang teksturnya lembek. Keunikan lainnya dari kuliner tradisional khas Bali ini adalah cita rasanya yang terkenal pedas. selain itu penggunaan bumbu dan rempah khas Bali yang beragam juga memberikan rasa yang berbeda dengan sajian nasi lainnya.

Nasi Tepeng terdiri dari beberapa bahan seperti ayam goreng, nangka muda, kacang panjang, telur, terong, kacang merah yang dicampur menjadi satu. Kemudian wadahnya menggunakan daun pisang sehingga terlihat seperti sajian yang sederhana. Nasi Tepeng memiliki kesamaan seperti Nasi Uduk, keduanya sama-sama banyak dipilih sebagai menu sarapan. Kesamaan lainnya adalah memiliki cita rasa yang gurih. Rasa tersebut didapat dari penggunaan santan pada saat pembuatannya. Beras akan direbus bersama santan lalu dicampurkan dengan daun salam, kunyit dan garam.

Nasi yang sudah matang akan memiliki tekstur lembek seperti bubur. Setelah itu sajikan bersama dengan beragam jenis sayur seperti yang sudah dijelaskan di atas. Untuk lauknya, ENDEUSiast bisa memilih daging ayam yang disuwir atau hanya menggunakan telur. Tidak lupa untuk menyiramkan racikan bumbu khas Bali di atas Nasi Tepeng. Sebagai pelengkapnya, Nasi Tepeng akan diberikan parutan kelapa juga agar semakin terasa gurihnya.

ENDEUSiast bisa mendapatkan sajian Nasi Tepeng ini, dengan pergi ke pasar Senggol di Gianyar pada pagi hari. Di sana ENDEUSiast akan menemukan banyak pedagang yang menjual Nasi Tepeng. ENDEUSiast hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp 10.000,- sudah bisa mendapatkan seporsi Nasi Tepeng. Cukup murah kan? Biasanya pedagang Nasi Tepeng akan menjual hingga jam 10 malam, jadi bagi yang tidak sempat makan Nasi Tepeng di pagi hari masih ada waktu membelinya untuk makan malam.

Hanya saja perlu diperhatikan bagi ENDEUSiast yang mencari makanan halal karena beberapa di antaranya ada yang menjual Nasi Tepeng bersama dengan daging babi. Maka ada baiknya sebelum membelinya, bertanya terlebih dahulu kepada pedagang Nasi Tepeng untuk memastikan bahan daging yang digunakan.

Tertarik untuk mencoba sajian tradisional murah meriah ini?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya