Membuat selai nanas sebagai isian nastar tak sulit jika mengetahui cara suksesnya

"

Selai nanas adalah kunci utama dari Nastar enak. Kalau ada peringkat kue kering favorit masyarakat Indonesia, bisa jadi Nastar menjadi sajian yang bisa menduduki peringkat pertama. Selai nanas sebagai isian memegang peranan penting untuk menghasilkan nastar yang enak.

Membuat selai nanas sebenarnya tak sulit. Cukup perhatikan hal-hal berikut saat Anda akan membuat selai nanas.

1. Pilih Jenis Nanas Yang Tepat

Tidak semua nanas memiliki karakteristik yang sama. Dari segi rasa, tekstur, hingga kadar air didalamnya menjadi pertimbangan saat memilih nanas. Pilih nanas Bogor atau nanas Palembang. Keduanya memiliki rasa manis yang cukup tajam dan kandungan airnya cukup rendah, sehingga cepat mengering pada saat proses pemasakan.

2. Nanas Harus Matang Sempurna

Perhatikan tampilan fisik dan aroma untuk mendapatkan nanas yang matang sempurna. Pilih nanas yang memiliki permukaan kulit kencang (tidak lembek), berwarna kuning cerah, memiliki aroma buah nanas segar, dan mahkota buah berwarna hijau segar dan meruncing (tidak layu atau terlepas dari buahnya).

3. Diparut Atau Diblender?

Memarut buah nanas akan memberikan sensasi renyah serat buah pada hasil akhir selai. Gunakan parutan buah kelapa atau parutan keju untuk membuatnya. Hasil parutan juga tidak terlalu berair sehingga mampu mengurangi waktu memasak.

Namun jika menginginkan tekstur selai yang lebih lembut, nanas bisa dihaluskan dengan cara diblender. Hanya saja, proses ini menghasilkan parutan yang lebih berair sehingga waktu pemasakan menjadi lebih panjang.

4. Panaskan Nanas Baru Gula

Gula membuat resiko selai lekas gosong semakin tinggi. Untuk mensiasatinya, masak parutan buah nanas terlebih dahulu hingga kering baru kemudian masukkan gula. Masak kembali hingga menjadi selai dengan kekentalan yang diinginkan.

5. Berikan Tambahan Aroma

Meski aroma nanas sudah segar, tak ada salahnya untuk menambahkan sedikit rempah favorit untuk memperkaya rasa selai. Kayu manis, cengkih, dan pala menjadi rempah yang umum ditambahkan dalam racikan selai untuk nastar. Tambahkan rempah sebelum nanas dipanaskan. Aroma rempah akan menyatu pada saat proses pemasakan.

6. Sebelum Membulatkan Selai

Agar mudah membulatkan selai, sebaiknya setelah dimasak selai disimpan dalam kulkas terlebih dahulu (± 6 jam).

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.