Bakmi merupakan masakan tradisional khas Jawa. Dibalik rasanya yang lezat terdapat keunikan dalam proses pembuatannya.

Yogyakarta tidak hanya terkenal gudegnya saja. Terdapat kuliner lainnya yang tidak kalah lezat seperti bakmi jawa. Bakmi yang merupakan makananan tradisional khas Jawa ini tepatnya daerah Gunung Kidul terkenal karena kelezatannya dan diolah tanpa menggunakan bahan pengawet atau kimia sedikitpun.

Secara tampilan memang sekilas tidak ada yang beda dari bakmi lainnya. Hanya saja untuk bakmi jawa memiliki cita rasa yang manis dan ditambah dengan aneka sayuran lainnya. Selain rasa, masih ada banyak keunikan dari proses pembuatan bakmi jawa, mau tau? Mari simak pembahasannya di bawah ini.

1/ Terdapat Varian yang Direbus

Kebanyakan orang mengenal bakmi ya diolah dengan digoreng bukan direbus. Tetapi berbeda dengan bakmi Jawa yang memiliki 2 varian yaitu digoreng dan direbus. Untuk proses pembuatannya tidak jauh berbeda dengan bakmi yang digoreng, hanya saja untuk bakmi jawa rebus nanti akan diberikan kuah kaldu sehingga rasanya lebih gurih dan tidak ada penambahan kecap. Caranya hampir sama dengan masak mie tek-tek . Jadi warna dan rasa tidak sama seperti bakmi jawa goreng.

2/ Dimasak Menggunakan Arang

Sekalipun jaman sudah canggih tetapi tetap saja untuk pembuatan bakmi jawa masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan tungku dan arang. Menurut pedagang bakmi jawa, alasan menggunakan tungku adalah rasanya lebih enak bila dibandingkan menggunakan kompor dan gas.

3/ Dimasak Satu Persatu

Bakmi jawa tidak bisa dimasak secara bersamaan dalam jumlah porsi besar. Jadi untuk memasak bakmi jawa harus satu porsi. Bila dimasak secara bersamaan maka kualitas rasa dan kelezatan dari bakmi jawa akan menurun. Maka untuk menghindari agar tidak terjadi harus dimasak satu persatu porsi.

4/ Menggunakan Daging Ayam Kampung

Jika ENDEUSiast pernah memakan bakmi, pasti sering melihat adanya tambahan daging baik itu daging ayam maupun daging sapi. Pada bakmi jawa juga sama, menggunakan bahan pelengkap yaitu daging ayam. Tetapi tidak bisa sembarang ayam yang digunakan, jadi harus menggunakan daging ayam kampung.

Ayam kampung yang dipilih pun yang besar tetapi tidak terlalu muda maupun tua. Penggunaan ayam kampung memang lebih memberikan tekstur daging ayam yang lembut sehingga ini juga menjadi salah satu keunikan dari bakmi jawa.

Jadi menurutmu gimana? Tertarik untuk mencobanya. ENDEUSiast bisa menemukan banyak pedagang yang menjual bakmi jawa di seluruh wilayah Jogja dan ada juga beberapa yang sudah membukanya di luar Yogyakarta.

Jika di daerahmu masih sulit menemukan bakmi jawa, jangan khawatir karena ENDEUSiast bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mengikuti resep yang ada. Demikianlah informasi tentang pembuatan bakmi jawa yang unik, semoga bermanfaat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.