Ikan asin adalah salah satu olahan ikan yang populer di Indonesia. Ini beberapa ikan asin berikut ini sebagai buah tangan

Salah satu olahan ikan yang cukup populer adalah ikan asin. Ada banyak jenis ikan asin yang ada di Indonesia dan disukai banyak orang. Dibeberapa daerah ikan asin banyak dijadikan sebagai oleh-oleh dan menjadi salah satu daya tarik wisata. Kalau ENDEUSiast sedang berlibur, jangan lupa untuk membawa beberapa ikan asin populer berikut ini.

1/ Ikan Asin Peda

Salah satu ikan asin yang populer di Indonesia adalah ikan asin peda. Ikan ini dibuat dari ikan kembung utuh yang diasinkan dan dijemur hingga setengah kering. Rasa asin dari ikan ini tidak terlalu kuat dan ada sedikit rasa manis alami dari ikan kembung. Ikan asin ini biasa diolah menjadi pepes ataupun tumis ikan peda dengan petai dan cabai rawit.

2/ Ikan Asin Gabus

Ikan asin gabus adalah ikan asin yang dibuat dari ikan gabus. Banyak orang menyukai ikan asin ini karena dagingnya tebal dan ketika digoreng kering dagingnya menjadi renyah. Selain itu, ikan asin gabus ini selalu dibersihkan bagian sisik, insang, dan isi perutnya sebelum kemudian diasinkan dan dijemur hingga kering.

Ikan asin gabus ini biasa diolah dengan bumbu-bumbu seperti cabai hijau, balado, ataupun digoreng biasa dan dicocol dengan sambal.

3/ Ikan Asin Teri

Ikan asin teri sangat mudah dikenal berdasarkan ukurannya yang kecil. Di Indonesia ada banyak jenis ikan teri namun yang terkenal adalag ikan teri Medan dan teri Jengki. Ikan asin teri Medan ini warnanya lebih putih dan ukurannya lebih kecil. Rasa teri Medan ini tidak terlalu asin dan banyak diolah untuk nasi liwet, kering teri kacang, dan sebagainya. Meskipun ukurannya kecil, namun ikan teri mengandung nilai gizi yang tinggi seperti fosfor dan kalsium.

4/ Ikan Asin Jambal Roti

Ikan asin jambal roti ini adalah salah satu olahan ikan asin yang harganya cukup mahal. Ikan ini mempunyai daging yang tebal namun cukup susah didapat karena bahan baku yang langka sedangkan permintaannya cukup tinggi. Ikan yang biasanya digunakan untuk ikan asin ini adalah ikan kadukang dan manyung.

5/ Ikan Asin Bulu Ayam dan Ikan Asin Kapas

Dua jenis ikan asin ini mempunyai bentuk yang serupa namun bedanya ikan asin kapas berbentuk lebih tipis dan melebar serta warnanya putih. Ciri khas ikan asin ini adalah ukurannya yang kecil dan tipis. Ikan asin bulu ayam dan ikan asin kapas ini biasanya digoreng kering dan dibumbu balado atau sambal hijau.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.