Dari telur rebus, hingga orak-arik kreasi chef ternama

"

Selain mudah didapatkan, telur juga gampang diolah. Kaya vitamin dan nutrisi, tidak jarang banyak yang memilih telur sebagai teman memulai hari.

Berikut beberapa jenis olahan telur yang cocok dijadikan teman sarapan

1/ Sunny Side Up/Telur Mata Sapi

Selain menggunakan wajan teflon datar dengan sedikit minyak untuk mendapatkan bentuk yang rapi, saat ini juga banyak dijual cetakan silikon dengan berbagai bentuk lucu, yang pastinya menarik perhatian si kecil agar tertarik sarapan.

2/ Scrambled Egg/ Telur Orak-Arik

Jenis olahan telur yang banyak disukai karena mudah dibuat. Kunci kenikmatannya, terletak pada tekstur yang lembut di luar dan masih menyisakan sedikit lembab pada bagian dalam masakan. Menambahkan cairan berupa air, susu, hingga lemak saat proses pemasakan, jamak dilakukan untuk mendapatkan tekstur ini.

Situs Insider pernah secara khusus merangkum cara memasak telur orak arik ala para chef ternama!

3/ Egg Omelette

Kerap ditemukan di hotel-hotel yang menyajikan Continental ataupun sarapan bergaya Amerika. Telur ditambahkan berbagai berbagai macam isian, sebelum dituangkan ke wajan. Saat setengah matang, gagang wajan akan ditepuk-tepuk wajan untuk mendapatkan bentuk menekuk khas omelette.

4/ Poached Egg

Buat yang rajin menyambangi kafe-kafe yang mengusung konsep all day breakfast , pasti hafal dengan penampakan telur meleleh saat dibelah ini. Didapatkan dengan cara menuangkan telur ke dalam air yang direbus hingga mendidih perlahan-lahan ( simmering ) , memiliki tingkat kesulitan yang sedikit sulit jika baru pertama mencoba.

Beberapa teknik seperti menuangkan telur dahulu ke dalam mangkuk, memutar-mutar air sebelum menuangkan telur di tengah pusaran air, hingga menambahkan sedikit cuka dalam larutan air, merupakan beberapa teknik yang banyak dilakukan untuk membuat hidangan telur jenis ini.

5/ Boiled Egg

Walaupun hanya sekedar merebus, memasak telur jenis ini juga membutuhkan ketepatan waktu agar hasilnya maksimal. Mulai dari tekstur soft hingga hard , olahan telur jenis ini akan lebih baik jika dimasak menggunakan yang tidak sempat masuk ke dalam lemari pendingin atau telur segar. Memasaknya pun cukup maksimal 7 menit diatas api dalam keadaan air mendidih.

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.