Olahan Seafood dan Ikan Paling Favorit di Indonesia
Olahan Seafood dan Ikan Paling Favorit di Indonesia

Hidangan seafood khas Indonesia sangat lezat dan banyak macamnya.

Hidangan seafood khas Indonesia sangat lezat dan banyak macamnya. Olahan seafood mana yang jadi favorit ENDEUSiast?

Sebagai negara kepulauan, seafood adalah salah satu sumber makanan yang populer. Ada banyak jenis seafood yang dikonsumsi di Indonesia, seperti ikan, udang, cumi, dan sebagainya. Olahan seafood juga sangat beragam tergantung dengan daerah masing-masing. Pengolahan seafood yang tepat bisa meningkatkan rasa seafood itu sendiri dan membuatnya menjadi lebih lezat. Berikut ini beberapa olahan seafood dan ikan yang paling favorit di Indonesia.

1/ Pepes

Pepes adalah salah satu makanan berbahan seafood dan ikan yang banyak digemari. Makanan yang satu ini dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus hingga matang. Daun pisang memberikan rasa dan aroma lezat yang berbeda dengan makanan lain. Pepes biasanya dibuat dari ikan seperti ikan nila, ikan mujair, gurami, dan sebagainya. Selain ikan, pepes juga banyak dibuat dari udang dan ikan teri segar terutama dengan ukuran yang kecil. Pepes ikan dan seafood mempunyai citarasa gurih, manis, dan umami alami sehingga banyak disukai.

2/ Seafood Panggang

Selain dibuat menjadi pepes, seafood dan ikan juga banyak diolah dengan cara dipanggang. Seafood panggang adalah salah sau makanan populer baik di restoran maupun streetfood. Diantar olahan seafood panggang yang paling populer adalah ikan bakar dengan rasa yang manis dan gurih serta tampilan yang mengkilap. Selain ikan, udang juga menjadi salah satu seafood yang banyak diolah dengan cara dipanggang atau dijadikan sate. Sate cumi adalah olahan seafood panggang kekinian yang juga banyak digemari karena rasanya yang lezat.

3/ Gulai

Makanan bersantan tidak pernah lepas dari kuliner Indonesia termasuk untuk olahan seafood. Gulai adalah salah satu makanan bersantan yang bisa dipadukan dengan seafood. Salah satu olahan gulai seafood yang populer adalah gulai kepala ikan yang menjadi favorit di banyak rumah makan. Selain ikan, gulai juga bisa dibuat dari udang dan cumi-cumi. Untuk gulai udang atau cumi-cumi, seafood yang digunakan biasanya berukuran besar agar lebih lezat dan gurih.

4/ Pempek

Pempek adalah salah satu olahan ikan yang juga favorit di Indonesia. Makanan yang satu ini berbahan dasar daging ikan, utamanya ikan berwarna putih seperti tenggiri, gurami, dan sejenisnya. Daging ikan kemudian diolah dengan bahan dan bumbu-bumbu kemudian dimasak dengan cara direbus. Pempek ini disajikan dengan kuah cuko dengan rasa yang asam dan pedas.

5/ Seafood Goreng

Seafood goreng adalah salah satu makanan favorit sepanjang masa. Pembuatan masakan ini sangat mudah yaitu tinggal menggoreng saja seafood yang sudah dibumbui hingga matang. Selain ikan, seafood goreng biasanya dibalur dengan tepung terlebih dahulu agar rasanya krispi dan lebih lezat.

Endeustorial

Ikuti Instagram