Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Olahan sayur di Korea Selatan tidak hanya kimchi. Masih banyak hidangan lain yang bisa ENDEUSiast coba

Penduduk Korea Selatan terkenal suka makan makanan yang terbuat dari sayuran sehingga banyak makanan Korea Selatan yang terbuat dari sayur. Makanan Korea Selatan yang terbuat dari sayur yang paling terkenal adalah kimchi . Akan tetapi masih banyak olahan sayuran lainnya yang tak kalah lezat dari kimchi. Makanan-makanan ini juga cocok untuk dijadikan menu dalam pesta yang ENDEUSiast adakan bersama tema-teman.

1/ Japchae

Salah satu makanan yang sangat terkenal di Korea Selatan adalah japchae. Makanan ini mulai ada di Korea Selatan sejak abad ke 17 yaitu ketika dinasti Joseon. Japchae pertama kali dikenal Pada saat Raja Gwanghaegun mengadakan pesta, seorang bangsawan tuan tanah menghidangkan makanan ini.

Pada awal diperkenalkan di Korea Selatan, japchae hanya berupa kumpulan sayuran yang di tumis. Seiring perkembangan zaman, japchae terbuat dari soun (dangmyeon) atau mie halus yang berwarna putih dan dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Japchae merupakan banchan atau lauk sampingan sehingga hidangan ini dapat dimakan dengan nasi. Masyarakat Korea Selatan sering menyantap makanan ini ketika mengadakan pesta.

Sayuran yang biasa digunakan untuk membuat makanan ini yaitu sayuran yang sedang musim di Korea Selatan. Akan tetapi yang umumnya digunakan untuk membuat japchae adalah wortel, paprika, jamur shiitake, bawang bombay, dan spinacia.

2/ Gaji Namul

Gaji Namul merupakan makanan Korea Selatan yang termasuk dalam kategori Namul. Namul merupakan terbuat dari sayuran seperti kecambah kedelai, sayuran gunung seperti tumbuhan paku muda dan beberapa tumbuhan liar di Korea Selatan. Gaji Namul merupakan makanan yang terbuat dari terong rebus. Gaji Namul dapat dihidangkan pada suatu perayaan tertentu dan biasanya ditaruh di atas bibimbap . Gaji Namul termasuk dalam banchan sehingga dapat dimakan dengan nasi.

3/ Algamja-Jorim

Algamja-jorim adalah salah satu makanan Korea Selatan yang sering muncul dalam drama. Algamja-jorim merupakan hidangan Korea Selatan yang terbuat dari baby potato . Walaupun terbuat dari kentang dan mengandung karbohidrat yang tinggi, masyarakat Korea Selatan memakan algamja-jorim menggunakan nasi. Makanan ini sangat sehat karena kentang direbus bukan digoreng. Makanan ini biasanya memiliki citarasa yang pedas atau manis tergantung selera. Seperti makanan Korea Selatan lainnya, di atas algamja-jorim diberi taburan biji wijen supaya lebih nikmat.

4/ Bibimbap

Bibimbap merupakan makanan Korea Selatan yang dimakan hampir setiap hari. Makanan ini juga bisa disajikan saat ENDEUSiast sedang merayakan hari istimewa. Misalnya bersama teman-teman saat merayakan tahun baru. Bibimbap diperkirakan sudah berumur ratusan tahun. Makanan ini ditemukan karena para petani Korea Selatan setelah bekerja terlalu keras dan sibuk seharian. Mereka tidak mempunyai waktu untuk mengolah masakan rumit. Oleh sebab itu Bimbimbap diperoleh dari hasil mencampur berbagai sayuran dan nasi dalam satu mangkuk untuk dapat mengusir rasa lapar seketika.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya