Tidak hanya di Indonesia, di Negara-negara lain juga banyak menyajikan kopi dengan bahan tambahan sehingga tercipta sajian kopi yang unik.

Kopi adalah salah satu minuman yang dinikmati hampir semua kalangan, mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Sehingga minuman yang satu ini banyak disajikan untuk semua suasana termasuk ketika perayaan kemerdekaan. Kopi banyak disajikan dengan beberapa bahan tambahan untuk menetralisir rasa pahit.

Tidak hanya di Indonesia, di Negara-negara lain juga banyak menyajikan kopi dengan bahan tambahan sehingga tercipta sajian kopi yang unik. Berikut ini beberapa olahan kopi yang unik untuk ramaikan perayaan kemerdekaanmu.

1/ Kopi Durian

Durian adalah salah satu raja buah yang banyak digemari di Indonesia. Di Sumatera, ENDEUSiast bisa menemukan olahan kopi yang dicampur dengan durian. Meskipun bukan kombinasi yang umum, namun perpaduan kopi dan durian menciptakan sajian kopi dengan rasa yang creamy.

Aroma kopi yang kuat mampu melembutkan aroma durian yang tajam, sedangkan rasa durian yang manis bisa menetralkan rasa pahit dari kopi. Sehingga perpaduan kopi dan durian memang kombinasi unik yang pas.

2/ Kopi Rempah

Di Maroko, ada salah satu sajian kopi yang populer, yaitu kopi rempah. Di Negara ini, rempah-rempah memang digunakan untuk setiap hidangan termasuk untuk sajian kopi. Rempah-rempah yang digunakan adalah kapulaga, merica, dan biji wijen.

Perpaduan rempah-rempah dan kopi ini memberikan rasa hangat ditenggorokan. Selain lezat, kopi khas Maroko ini juga dipercaya bisa meningkatkan kekebalan dan kesehatan tubuh.

3/ Kopi Keju

Bila di Indonesia keju biasa dicampurkan dengan roti, kalau di Finlandia, keju dicampur dengan kopi. Keju yang digunakan untuk kopi di Finlandia ini adalah varian keju lembek yang terbuat dari susu rusa. Sebelum disajikan dengan kopi, keju ini sebelumnya dipanggang terlebih dahulu sehingga memberikan rasa creamy yang lezat. Sajian kopi keju ini tidak hanya populer di Finlandia, anmun juga populer di Skotlandia.

4/ Kopi Lemon

Di Indonesia lemon biasa dicampurkan ke dalam the, namun di Italia, lemon dicampur dengan kopi. Sajian kopi dengan irisan lemon ini dikenal sebagai Espresso Romano. Untuk sajian kopi yang satu ini, espresso disajikan hitam dan pekat dengan satu atau dua iris lemon.

Irisan lemon yang asam dipercaya akan memunculkan rasa manis alami pada kopi. Selain itu, rasa kopi yang pahit dipadukan dengan lemon yang asam menjadikan espresso romano ini terasa menyegarkan.

5/ Kopi Telur

Di Indonesia juga ada sajian kopi telur khas Sumatera Barat, namun kopi telur dari Vietnam ini berbeda. Meskipun menggunakan bahan yang sama, telur dalam kopi Vietnam ini dikocok hingga mengeluarkan buih tebal kemudian disiram dengan kopi panas. Kopi telur ini kemudian disajikan didalam mangkuk berisi air panas sehingga kehangatannya tetap terjaga.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.