Meskipun ukurannya kecil, ikan teri mempunyai segudang cara untuk dinikmati. Berikut ini beberapa olahan ikan teri yang nggak bikin bosan.

Dibalik ukurannya yang kecil, ikan teri merupakan salah satu ikan yang kaya nutrisi. Ikan ini biasanya dijual dalam bentuk kering meskipun ada juga yang dijual dalam keadaan basah. Meskipun ukurannya kecil, namun ikan teri ini cukup populer di Indonesia dan biasa diolah menjadi berbagai macam makanan. Yang paling sederhana adalah teri yang digoreng kering dan dihidangkan dengan nasi dan sambal. Namun kalau kamu bosan dengan olahan teri yang begitu-begitu saja, kamu bisa mencoba beberapa olahan ikan teri yang satu ini.

1/ Teri Sambal Hijau

Kalau kamu sering ke restoran Padang, kamu pasti familiar dengan olahan teri sambal hijau. Makanan yang satu ini mempunyai cita rasa yang asam, gurih, dan pedas. Membuat olahan ikan teri sambal hijau ini sangat mudah yaitu ikan teri yang sudah digoreng kemudian dicampur dalam sambal hijau. Teri sambal hijau ini sangat cocok dihidangkan dengan nasi hangat dan juga daun singkong rebus.

2/ Sambal Goreng Teri Kacang

Olahan teri yang juga banyak digemari adalah sambal goreng teri kacang. Ikan teri ini dimasak dengan tempe dan juga kacang tanah yang sudah digoreng. Kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu lain dengan cita rasa manis, gurih, dan pedas. Masakan ikan teri yang satu ini bisa tahan hingga berhari-hari karena memang dimasak hingga kering. Sambal goreng teri kacang ini juga cocok untuk oleh-oleh atau dibawa traveling karena tidak mudah basi.

3/ Nasi Bakar Teri

Dari namanya saja kamu bisa membayangkan kalau nasi bakar teri ini mempunyai rasa yang lezat. Agar lebih gurih, kamu bisa mencampur beras dengan santan sehingga rasa nasi tidak hambar. Selain itu, kamu juga bisa mencampur isian ikan teri dengan kemangi dan juga pete. Kalau suka pedas, kamu bisa menambahkan potongan cabai atau sambal pada isiannya. Aroma nasi bakar teri ini semakin sedap karena dibungkus dengan daun pisang dan dibakar hingga agak gosong.

4/ Pepes Teri

Kalau kamu bosan dengan olahan pepes dari ikan mas atau tongkol, kamu bisa mencoba olahan pepes ikan teri . Ikan teri yang digunakan untuk pepes ini adalah jenis ikan teri basah dengan ukuran yang kecil atau biasa disebut dengan teri nasi. Pepes teri ini akan berwarna pucat karena warna teri yang juga pucat transparan. Bila suka kamu bisa menambahkan cabai agar warnanya semakin menarik.

5/ Rempeyek Teri

Olahan teri yang juga sangat populer di Indonesia adalah rempeyek teri. Makanan yang satu ini biasanya dihidangkan dengan nasi pecel. Kamu bisa mencampur tepung terigu, tepung beras, dan tepung kanji dalam adonan rempeyek agar teksturnya bisa renyah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.