Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Ikan sarden adalah salah satu olahan ikan yang populer. Berikut ini beberapa olahan ikan sarden yang praktis dan lezat.

Ikan sarden adalah jenis ikan kecil yang diawetkan dengan cara kalengan. Olahan ikan ini biasanya dikemas dalam kaleng dengan bumbu saus yang siap disajikan. Namun beberapa jenis ikan sarden ada yang hanya berupa ikan saja dan belum dibumbui. Sehingga ENDEUSiast bisa berkreasi sendiri dengan berbagai olahan ikan sarden seperti membuat perkerdel sarden . Berikut ini beberapa olahan ikan sarden yang bisa ENDEUSiast coba di rumah.

1/ Sarden Cabe Bawang

Olahan ikan sarden yang paling mudah dibuat adalah sarden tumis cabe bawang. Ikan sarden yang dimasak dengan cara ini memberikan citarasa yang simpel sehingga rasa asli sarden masih berasa. Untuk membuat olahan ini, ENDEUSiast bisa menggunakan bumbu bawang putih, bawang merah, cabai, dan tomat. ENDEUSiast juga bisa menambahkan lengkuas dan jahe agar aroma rempahnya bisa mengurangi aroma amis ikan sarden.

2/ Sarden Krispi Saus

Siapa bilang hanya ayam dan jamur yang bisa digoreng krispi. Ikan sarden juga bisa dimasak dengan cara krispi. ENDEUSiast bisa menggunakan tepung terigu dan sedikit tepung kanji sebagai adonan tepungnya dan balut sarden kemudian goreng hingga garing. Untuk saus sarden krispi, ENDEUSiast bisa menggunakan campuran mentega, bawang Bombay, bawang putih, dan saus dari sardennya. Siramkan saus diatas sarden ketika hendak disajikan agar sarden tetap krispi.

3/ Pindang Sarden

Kalau ingin olahan sarden yang segar dengan kuah bening, ENDEUSiast bisa membuat pindang sarden. Olahan pindang sarden ini mempunyai rasa yang ringan dan segar. Untuk membuat olahan pindang sarden, ENDEUSiast bisa menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, sedikit kunyit, dan lengkuas. Tumbuk kasar semua bumbu dan masukkan ke dalam air mendidih dengan tambahan nanas potong, tomat, kemangi, daun bawang, dan kecap asin. Nanas memberikan rasa segar dan manis pada kuah pindang sarden ini sekaligus mengurangi bau amis.

4/ Sarden Masak Santan

Kalau ENDEUSiast lebih suka olahan ikan yang creamy dan gurih, sarden masak santan ini adalah pilihan yang tepat. Bumbu yang digunakan untuk sarden masak santan ini juga sederhana saja yaitu bawang putih, bawang merah, cabe merah, dan sedikit jahe. Tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan santan dan sarden.

5/ Sarden Tumis

Sarden tumis adalah salah satu olahan ikan sarden yang sangat simpel. Agar tumis lebih lezat, ENDEUSiast bisa menambahkan tahu putih dan juga sayuran sesuai selera seperti buncis, sawi, dan wortel. Cara ini juga cocok kalau ENDEUSiast ingin masakan yang terdiri dari sayuran dan protein sekaligus.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.