Ikan pindang adalah salah satu olahan ikan yang umum di Indonesia. Berikut ini beberapa olahan ikan pindang yang mudah dibuat.

Ikan pindang adalah salah satu metode pengawetan ikan yang biasa dilakukan di Indonesia. Ikan yang biasa diawetkan dengan metode pindang adalah ikan laut. Proses yang pemindangan ikan meliputi perebusan, pemasakan, serta penggaraman. Ikan pindang ini banyak dijual di pasar tradisional dengan harga yang terjangkau tergantung jenis ikannya. Ikan pindang ini mengandung protein yang tinggi dan bisa dimasak menjadi berbagai macam masakan. Berikut ini beberapa olahan ikan pindang yang mudah dibuat.

1/ Pindang Kuah Santan

Pindang kuah santan adalah salah satu masakan berbahan dasar ikan pindang yang paling mudah dibuat. Bumbu dasar masakan ini adalah sayur lodeh. ENDEUSiast bisa menambahkan tahu, tempe, tomat hijau, hingga kemangi agar masakan kuah santan semakin sedap. Gunakan santan dengan kekentalan sedang agar pindang kuah santan tidak terlalu kental dan tetap segar.

2/ Ikan Pindang Sambal Bawang

Salah satu olahan pindang yang paling mudah dibuat adalah ikan pindang sambal bawang. ENDEUSiast Cuma perlu menggoreng ikan pindang yang sudah dibersihkan hingga matang. Kemudian buat sambal bawang yang terdiri dari sambal, bawnag putih, dan garam. Setelah semuanya siap, penyet ikan pindang dengan sambal bawang.

3/ Pepes Pindang

Pepes adalah salah satu menu tradisional yang populer di Indonesia. Selain menggunakan ikan segar, ENDEUSiast bisa menggunakan ikan pindang sebagai bahan utamanya. Pilih ikan pindang tongkol atau tuna atau ikan lain dengan daging yang padat. Lumuri pindang dengan bumbu dasar merah dan daun kemangi kemudian bungkus dengan daun pisang. Kemudian kukus pepes pindang hingga matang dan setelahnya bakar pepes agar aromanya lebih sedap.

4/ Pindang Sarden

Sarden biasanya banyak dijual dalam bentuk kalengan. ENDEUSiast bisa membuat sarden dengan ikan pindang. ENDEUSiast bisa menggunakan saus pedas manis dan ditambah dengan bahan-bahan lainnya agar rasa sarden mirip dengan sarden dalam kemasan kaleng. Ikan pindang sarden ini banyak disukai karena rasanya yang asam, manis, dan gurih yang pas dengan selera orang Indonesia.

5/ Pindang Kecap Pedas

Kalau ENDEUSiast ingin membuat olahan ikan pindang yang Indonesia banget, ENDEUSiast bisa membuat tumis pindang kecap pedas. Cara membuat pindang kecap ini hampir mirip dengan membuat semur. ENDEUSiast bisa membuat tumis pindnag seperti membuat tumis pada umumnya namun tambahkan irisan cabai rawit dan kecap. Agar lebih mudah ketika dikonsumsi, ENDEUSiast bisa membuang tulang-tulang ikannya terlebih dahulu.

6/ Pindang Kuah Kuning

Olahan ikan pindang yang lain adalah pindang kuah kuning. Makanan yangstau ini cocok untuk makan siang karena rasanya yang gurih. Bumbu yang dominan pada masakan ini adalah kunyit dan lengkuas. ENDEUSiast bisa menggunakan ikan pindang salem karena ukurannya besar dan tidak mempunyai banyak duri.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.