Banyak orang tidak memilih ikan sebagai menu bekal karena ribet. Namun, olahan ikan ini dijamin simpel dan cocok untuk bekal.

Sebagai salah satu sumber makanan kaya nutrisi, nyatanya tidak banyak orang yang memilih ikan sebagai menu bekal. Ikan dianggap makanan yang ribet karena berduri dan juga berbau amis. Namun, ada beberapa olahan ikan ala nusantara berikut ini cocok untuk menu bekal. Tidak hanya rasanya yang lezat, olahan ikan ini juga tidak berantakan ketika dijadikan menu bekal. Berikut ini beberapa olahan ikan nusantara yang cocok untuk bekal piknik.

1/ Otak-Otak

Otak-otak adalah salah satu makanan khas dari Kepuluan Riau yang cukup populer. Makanan ini dibuat dari fillet ikan tenggiri yang digiling halus kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu. Setelah adonan siap kemudian dibungkus dengan daun pisang menyerupai pepes dan dikukus hingga matang. Yang khas dari makanan ini adalah otak-otak dibakar terlebih dahulu hingga aroma daun pisang menjadi lebih harum. Karena sudah tidak ada duri, otak-otak ini menjadi salah satu menu ikan yang cocok untuk bekal.

2/ Bandeng Presto

Bandeng presto adalah salah satu olahan ikan yang khas dari Semarang. Ikan bandeng terkenal banyak duri sehingga sangat merepotkan ketika dimakan. Namun cara memasak dengan presto atau panci bertekanan tinggi akan membuat duri dalam bandeng lunak. Serta perpaduan bumbu-bumbu membuat bandeng semakin lezat. Bila digunakan untuk menu bekal. ENDEUSiast hanya perlu menggoreng beberapa potong bandeng dan susun dalam kotak bekal dengan nasi putih dan sambal kecap pedas.

3/ Ikan Balado

Makanan yang satu ini biasa ditemui di berbagai restoran Padang. Ikan balado adalah perpaduan ikan kembung dan sambal balado yang terdiri dari bawang merah, cabai, tomat, dan perasan jeruk nipis. ENDEUSiast bisa membawa ikan balado sebagai bekal karena makanan ini cenderung kering dan tidak berkuah. Sajikan ikan balado dengan nasi putih, sayuran atau salad, dan pelengkap lainnya sebagai bekal.

4/ Sate Lilit

Sate lilit adalah salah satu olahan ikan khas Bali. Makanan yang satu ini dibuat dari daging ikan yang dicincang/dihaluskan, kemudian dicampur dengan kelapa parut dan bumbu-bumbu khas Bali. Yang unik dari sate ini adalah campuran ikan dililitkan pada batang serai dan kemudian dibakar hingga matang. Kebayangkan gimana gurihnya sate lilit ini?

5/ Pepes Ikan

Pepes adalah salah satu olahan ikan yang juga populer. Ikan yang sudah dipotong dan dibumbui kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Pepes ikan cocok digunakan untuk bekal karena disajikan per porsi. Agar lebih mudah, ENDEUSiast bisa menggunakan daging ikan saja dan tidak menyertakan durinya sehingga tidak merepotkan ketika dimakan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.