Olahan Daging Sapi yang Bisa Disimpan Lama
Olahan Daging Sapi yang Bisa Disimpan Lama

Olahan daging sapi berikut ini bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Olahan daging sapi berikut ini bisa disimpan dalam waktu yang lama. Tahukah ENDEUSiast olahan daging apa saja?

Biasanya ketika pasokan daging melimpah sebagian orang lebih memilih untuk memasaknya sekaligus, daripada menyimpan daging mentah. Masalah ketika memasak daging dalam jumlah banyak adalah masakan apa yang cocok agar daging bisa awet, dan tahan disimpan dalam waktu yang lama. Di antara banyaknya olahan daging dalam kuliner Indonesia, ada beberapa yang dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Berikut ini adalah beberapa olahan daging yang bisa disimpan dalam waktu lama.

1/ Abon

Abon adalah salah satu olahan daging yang kering, sehingga awet disimpan dalam waktu lama. Makanan yang satu ini menggunakan bahan dasar daging sapi yang dibumbui dan dimasak sedemikian rupa sehingga menjadi kering. Karena dimasak dalam waktu yang lama, tekstur daging menjadi seperti serabut dengan rasa gurih dan manis. Abon ini bisa disimpan dalam waktu yang lama, sekitar 6-12 bulan. ENDEUSiast bisa menggunakan abon sebagai lauk ataupun digunakan untuk isian makanan dan kue-kue.

2/ Dendeng

Olahan daging yang juga awet adalah dendeng. Dalam Bahasa Inggris, dendeng dikenal sebagai beef jerky . Makanan yang satu ini berbahan dasar yang diiris tipis kemudian dijemur hingga kering. Dendeng ini bisa awet dalam waktu yang lama karena setelah dibumbui, daging dijemur hingga kering dan kemudian digoreng hingga matang. Ada pula yang dijual dalam bentuk kering dalam kemasan plastik kedap udara, jadi ENDEUSiast tinggal menggoreng sendiri dirumah. Variasi dendeng di Indonesia sendiri ada banyak seperti Dendeng Manis, Dendeng Pedas, dan sebagainya.

3/ Rendang

Rendang adalah salah satu olahan daging yang terkenal awet. Meskipun tekstur rendang tidak sekering abon atau dendeng, namun karena rendang dimasak dalam waktu yang lama, maka daging bisa awet dalam jangka waktu lama. Makanan yang satu ini membutuhkan setidaknya lebih dari 8 jam pemasakan. Sehingga daging benar-benar empuk dan bumbu meresap dengan sempurna. Karena proses pemasakan yang lama, rendang menjadi tahan lama bahkan bisa digunakan sebagai bekal bila berlibur atau saat bepergian jarak jauh.

4/ Empal

Salah satu makanan olahan daging yang juga bisa awet dalam waktu yang lama adalah empal. Sekilas makanan yang satu ini mirip dengan dendeng namun empal tidak melalui proses penjemuran. Daging untuk empal juga diiris tipis kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu. Setelah itu, daging digoreng hingga kering. Tekstur daging yang agak kering ini membuat empal tahan lama dan tidak mudah basi.

5/Serundeng

Makanan olahan daging lain yang juga tahan lama adalah serundeng. Serundeng adalah makanan yang berbahan daging dan kelapa, yang dimasak dalam waktu yang lama hingga kering. Kelapa yang digunakan untuk serundeng harus dimasak sampai benar-benar kering sehingga tidak cepat rusak ataupun basi, dengan demikian daging juga bisa awet dalam waktu yang lama.

Nah, itu dia berbagai olahan daging yang mampu tahan lama. Mana favorit ENDEUSiast?

Endeustorial

Ikuti Instagram