Olahan Biji Buah Nangka
Olahan Biji Buah Nangka

Olahan Biji Buah Nangka

Biji buah nangka yang tersisa saat ENDEUSiast makan nangka jangan dibuang karena dapat diolah menjadi berbagai makanan yang lezat

Nangka merupakan tumbuhan yang banyak tumbuh di rumah-rumah atau kebun milik masyarakat Indonesia. Daging buah nangka bisa diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman misalnya sebagai isian es campur . Biji buah nangka tidak kalah lezat dengan daging buahnya karena biji buah nangka dapat diolah menjadi berbagai makanan yang lezat.

1/ Keripik

Keripik adalah salah satu camilan yang disukai banyak orang dari berbagai kalangan usia. Anak-anak sampai orang dewasa menyukai keripik. Keripik yang paling terkenal seantero Indonesia adalah keripik singkong. Akan tetapi masih banyak keripik yang lezat selain keripik singkong. Salah satu keripik yang lezat dan patut ENDEUSiast coba makan adalah keripik biji nangka. Nangka tidak hanya dimanfaatkan daging buahnya saja melainkan bijinya bisa digunakan untuk membuat keripik.

Cara membuat keripik biji nangka cukup mudah dan bahan-bahan yang digunakan untuk lembutnya mudah didapatkan yaitu biji nangka, tepung terigu, tepung maizena, margarin dan garam. Sebelum dicampur dengan berbagai bahan dan digoreng, biji nangka harus dikukus terlebih dahulu dan dihaluskan. Keripik biji nangka dapat menjadi alternatif camilan jika ENDEUSiast mulai bosan dengan keripik singkong.

2/ Sayur Asem Biji Buah Nangka

Biji nangka dapat diolah menjadi makanan yang menyehatkan yaitu sayur biji nangka. Cara membuat sayur biji nangka sama seperti membuat sayur asem pada umumnya. Berbagai bahan yang merupakan bumbu halus ditumis lalu dicampur dan rebus dengan berbagai bahan lainnya seperti biji nangka, jagung buah, daun salam, terasi bakar, asam jawa dan lengkuas. Biji nangka yang direbus akan memiliki tekstur yang lembut sehingga cocok jika dijadikan isian sayur asem.

3/ Perkedel Biji Buah Nangka

Perkedel pasti sudah tidak asing lagi di telinga ENDEUSiast. Camilan yang satu ini sering menemani ENDEUSiast untuk menyantap berbagai makanan khususnya makanan yang berkuah seperti soto, sup dan sebagainya. Selama ini, perkedel yang ENDEUSiast kenal pasti perkedel yang terbuat dari bahan baku kentang. Kini ENDEUSiast dapat membuat variasi perkedel dengan membuatnya dari bahan baku biji buah nangka. Cara membuat perkedel biji buah nangka cukup mudah. Sebelum dicampur dengan beraneka macam bahan, biji buah nangka dikupas terlebih dahulu lalu di kukus dan dilembutkan. Setelah itu dicampurkan dengan berbagai bahan lalu dilumuri telur dan digoreng.

4/ Biji Buah Nangka Rebus

Hidangan biji buah nangka cocok bagi ENDEUSiast yang tidak suka ribet namun tetap ingin menikmati lezatnya biji buah nangka. Cara membuat biji buah nangka rebus yaitu kupas bersihkan biji buah nangka, lalu direbus. Saat merebus tambahkan garam secukupnya supaya ada rasa asin. Biji buah nangka yang direbus memiliki rasa yang hampir sama dengan kacang rebus.

Endeustorial

Ikuti Instagram