Olahan Ayam Simple untuk Makan Malam
Olahan Ayam Simple untuk Makan Malam

Berikut aneka olahan daging ayam ala Indonesia yang mudah dan cocok untuk makan malam.

Berikut aneka olahan daging ayam ala Indonesia yang mudah dan cocok untuk makan malam.

Daging ayam adalah salah satu makanan yang banyak diolah menjadi berbagai makanan. Selain mudah diolah, daging ayam juga mudah ditemukan dan harganya murah. Tidak heran, bila banyak orang yang memilih olahan daging ayam untuk lauk makan. Olahan ayam di Indonesia cukup beragam, dengan level kesulitan yang beragam pula. Berikut ini adalah beberapa olahan daging ayam yang mudah dibuat untuk sajian makan malam.

1/ Sup Ayam

Sup Ayam adalah salah satu masakan yang paling mudah dibuat, namun mempunyai rasa yang ringan, gurih, dan menyegarkan. Agar rasa sup lebih lezat, ENDEUSiast bisa menggunakan ayam kampung yang tidak mengandung banyak lemak. Sup Ayam ini cocok dihidangkan untuk makan malam dengan cuaca yang dingin atau hujan.

Selain ayam, ENDEUSiast bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti wortel, makaroni, buncis, jamur, atau telur puyuh. Jangan lupa juga tambahkan bawang goreng sebagai taburan agar rasa sup semakin lezat.

2/ Kalio Ayam

Kalio Ayam adalah salah satu hidangan khas Padang yang sudah terkenal kelezatannya. Sekilas makanan yang satu ini terlihat mirip dengan gulai namun dengan kuah yang lebih kental dan creamy . Kalio Ayam cocok dijadikan sebagai salah satu menu makan malam dengan sepiring nasi hangat dan juga sayuran. Selain itu, masakan yang satu ini juga cocok dihidangkan saat acara spesial.

3/ Ayam Woku

Di Manado ada satu olahan ayam yang populer, yaitu Ayam Woku. Masakan yang satu ini mempunyai rasa dominan pedas dan asin gurih. Ayam Woku ini dibuat dengan bumbu yang melimpah sehingga rasanya harum dan sedap. Selain itu, aroma Ayam Woku ini juga berbeda dengan masakan ayam yang lain, karena menggunakan kemangi dan daun bawang yang banyak. Ayam Woku juga menggunakan cabai dalam jumlah yang cukup banyak sehingga cocok untuk ENDEUSiast yang suka pedas.

4/ Ayam Goreng

Ayam Goreng adalah salah satu masakan ayam yang paling dasar dan paling mudah. Untuk rasa yang terbaik, ENDEUSiast bisa menggunakan ayam bagian sayap atau paha sehingga daging tidak hambar atau keras ketika digoreng. Bumbu yang digunakan untuk ayam goreng ini juga tidak sulit. ENDEUSiast bisa mengungkep ayam dengan bumbu dasar kuning atau campuran bawang putih, kunyit, ketumbar, lengkuas, jahe, dan juga daun jeruk. Ungkep ayam dengan bumbu hingga matang, kemudian goreng ayam. Ayam goreng ini bisa disajikan dengan nasi hangat, lalapan dan sambal.

Selain empat olahan ayam di atas, masih ada banyak olahan ayam yang juga biasa disajikan ketika makan malam. Favoritmu yang mana?

Endeustorial

Ikuti Instagram