Ayam memiliki banyak jenis olahan, namun hanya beberapa yang berhasil menarik minat turis asing. Penasaran apa saja?

Selain pariwisata alam, Indonesia juga tenar di kalangan turis asing dengan pariwisata kulinernya. Banyak sajian yang menggugah selera, salah satunya makanan olahan ayam.

Hidangan ayam memang menjadi andalan, bukan hanya orang Indonesia, namun juga orang luar negara. Apalagi ayam diolah dengan bumbu rempah khas yang tidak bisa ditemukan secara umum di negara mereka. Diantara berbagai macam masakan ayam, berikut ini adalah sajian yang paling dicari dan digemari bule mancanegara. Apa saja ya?

1/ Sate Ayam

Sate ayam memiliki rasa yang autentik dari hasil pembakaran dengan arang, terutama yang paling terkenal adalah sate Madura. Sate ini banyak dijual sebagai santapan malam , dan bisa ditemukan dengan mudah di tenda pinggir jalan.

Di luar negeri memang terdapat makanan yang mirip dengan sate, namun rasanya tidak sekaya sate Indonesia. Makanan dengan ciri tusukan ini diperkaya dengan bumbu kacang dengan konsentrasi khusus yang menambah sedap, serta bawang merah mentah dan daun bawang. Maka dari itu turis asing suka sekali dengan sate ayam.

2/ Ayam Goreng

Ayam goreng luar negeri terkenal dengan tekstur luaran yang krispi dari tepung. Namun berbeda dengan ayam goreng ala Indonesia yang mengandalkan bumbu rempah yang menyerap ke dalam daging ayam. Rerempahan ini membuat ayam Indonesia terasa lezat dan punya rasa yang kuat.

Selain itu penggunaan sambal juga banyak ambil andil. Rasa pedas campur renyah, membuat bule ketagihan.

3/ Soto Ayam

Ada banyak jenis soto, namun yang paling sering diincar adalah soto ayam. Soto ayam memang menghadirkan rasa gurih kaldu dan mie beserta isian lain yang nikmat. Makanya tak heran bahkan selebritis menyukai hidangan ini.

Contoh Sarah Sanguin Carter. Ia adalah artis Kanada dari serial Falling Skies yang merupakan pecinta soto. Saat syuting di Indonesia, setiap hari selama tiga minggu berturut-turut ia menyantap soto ayam karena menurutnya sangat gurih dan lezat.

4/ Mie Ayam

Mie ayam memang makanan umum yang pas di lidah semua kalangan, termasuk turis asing. Mie kuning yang diberi toping ayam kecap ini memberikan rasa kenyal dan gurih secara bersamaan. Selain itu harganya yang terjangkau serta fleksibel dimakan kapan saja, di mana saja membuat bule mencintai sajian ini.

Kalau ENDEUSiast bagaimana?

5/ Bubur Ayam

Meskipun jarang jadi sorotan, namun menurut salah satu survei berita, bubur ayam menjadi menu sarapan favorit orang asing. Selanjutnya, bubur ayam biasanya akan dicoba lagi ketika mereka berkunjung kedua kalinya.

Seperti sate, meskipun bubur juga ada di luar negeri, namun bubur Indonesia memiliki kelebihan terutama pada pelengkap seperti kerupuk, suwiran ayam, kacang, dan kaldu kental sebagai kuah. Sedap pastinya.

Itulah olahan ayam yang disukai para bule. Kita patut bangga dengan kuliner kita yang berhasil menggaet hati turis asing bukan? Apakah ENDEUSiast juga suka hidangan-hidangan ini?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.