Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Tidak banyak orang yang mengolah ampas ampas kopi. Berikut ini beberapa cara memanfaatkan sisa ampas kopi.

Ampas kopi bagi sebagian besar orang hanyalah limbah. Namun sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan sisa ampas kopi. Cara yang umum adalah dengan memanfaatkan ampas kopi untuk masker. Selain untuk masker, ENDEUSiast bisa memanfaatkan sisa ampas kopi sebagai bahan tambahan untuk masakan dan kue. Bukan suatu hal yang umum sih, namun ENDEUSiast bisa mencoba beberapa cara ini untuk meminimalkan ampas kopi.

1/ Campur dengan Kue

Kopi yang dicampur dengan cokelat memang bisa menjadi moka. Namun kalau yang digunakan adalah ampas kopi maka akan semakin mempertajam aroma cokelat. Selain itu, ENDEUSiast juga tidak perlu khawatir bila coklat akan berubah rasa menjadi moka. ENDEUSiast bisa mencampurkan ampas kopi dengan kue coklat seperti kue tart dan cupcake.

2/ Campur dengan Brownies

Sama halnya dengan kue cokelat, ENDEUSiast juga bisa mencampur ampas kopi dengan adonan brownies. ENDEUSiast bisa mengganti air atau susu untuk adonan brownies dengan campuran air dengan bubuk kopi. Aroma dari ampas kopi dijamin akan semakin memperkuat aroma cokelat dan membuat brownies lebih lezat lagi.

3/ Jadikan Es Batu

Es batu kopi sedang menjadi salah satu tren sajian kopi. Air dari kopi dibekukan hingga menjadi es batu kemudian disajikan dengan susu atau air gula. Cara ini membantu rasa kopi yang tidak menjadi hambar karena penggunaan es batu biasa. ENDEUSiast bisa mencampur ampas kopi dengan air dan bekukan hingga menjadi es batu. Campurkan es batu kopi ini untuk sajian kopi dingin yang kaya rasa dan tidak akan hambar meskipun es batu sudah mencair.

4/ Gunakan sebagai Bumbu Marinasi

Membuat bumbu marinasi dengan ampas kopi atau kopi memang bukan suatu hal yang umum. Namun di negara-negara lain ada banyak resep marinasi yang menggunakan kopi sebagai salah satu bahannya. Ampas kopi ini bisa meningkatkan cita rasa suatu masakan lho. Misalnya, di Korea Selatan, kopi digunakan untuk memarinasi atau merebus daging babi untuk sajian samgyeopsal. ENDEUSiast juga bisa menggunakan ampas kopi untuk memarinasi daging yang lain seperti ayam atau daging sapi.

5/ Tambahkan untuk Masakkan Pedas

Selain untuk campuran makanan manis, ampas kopi juga bisa ditambahkan untuk makanan dengan citarasa asin dan pedas. Penambahan ampas kopi akan semakin memperkaya rasa masakan. Selain itu, ampas kopi juga bisa memberikan rasa gurih dan rasa daging meskipun masakan tidak menggunakan daging sama sekali. Sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba menambahkan ampas kopi pada masakan untuk memperkaya rasa dan membuatnya lebih lezat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.