Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kuliner merupakan salah satu warisan yang harus dilestarikan. Berbeda dengan restoran Indonesia lainnya, NUSA menawarkan sesuatu yang baru.

Indonesia memiliki kuliner yang sangat beragam. Dari Sabang sampai Merauke nggak bisa dihitung ada berapa kekayaan kuliner yang bisa disajikan. Yang pasti kekayaan ini memang harus terus dilestarikan.

Meski zaman sudah semakin maju dengan berbagai inovasi baru di dunia kuliner, tapi keberagaman kuliner khas Indonesia nggak pernah bisa habis untuk dibahas. Ditambah lagi negara kita ini memiliki banyak sekali bumbu rempah dan bahan-bahan yang bisa digunakan untuk menciptakan kuliner yang memanjakan lidah.

NUSA Indonesian Gastronomy hadir dengan misi memanfaatkan semua hasil panen dari perkebunan terbaik Indonesia, kemudian mengolahnya dengan teknik dan proses masak yang autentik, namun tetap mempertahankan ke-tradisonalannya meski dengan sentuhan modern, dan yang paling penting adalah menyajikannya dengan rasa dan karakter yang original seperti yang bisa kita temui di tempat asalnya.

https://kurio-img.kurioapps.com/19/08/16/1abbb88d-0c74-4568-a21f-02fe4a2e3c5b.jpg
Karabu Dendeng

“Bukan hanya mengombinasikan warisan kuliner klasik dengan sentuhan modern, tetapi pada saat yang sama juga menghargai budaya Indonesia melalui penciptaan karya yang kontemporer,” ujar Chef Ragil Imam Wibowo, Founder and Head Chef NUSA.

Restoran NUSA yang diambil dari kata Nusantara, berarti kepulauan datang dengan membawa konsep fine dining untuk kuliner khas Indonesia. Bukan main-main, Chef Ragil sampai mengunjungi pasar-pasar tradisional terutama di daerah-daerah terpencil guna mendapatkan bahan-bahan yang autentik untuk menu masakannya.

https://kurio-img.kurioapps.com/19/08/16/00da867e-0ff2-4e8e-a895-150724724357.jpg
Sate Rembige

“Biasanya saya ke satu daerah untuk mencari siapa yang bisa mengajari saya masak (menu tradisional dari daerah tersebut). Biasanya saya ke pasar-pasar untuk mencari bahan-bahannya, sekalian kalo ketemu orang lokal yang bisa menerangkan sedikit ke saya (mengenai makanan tersebut), baru kita tanya bisa nggak mengajari kita masak dengan bahan-bahan yang kita temukan?” Ujar Chef Ragil.

Kalo ada yang bersedia untuk mengajari Chef Ragil masak menu tersebut, biasanya Chef yang sudah akrab di layar kaca ini akan janjian keesokannya. Mereka akan memasak di rumah ibu-ibu atau bapak-bapak yang bersedia untuk mengajarinya.

https://kurio-img.kurioapps.com/19/08/16/fbede7c7-3d4a-4d47-b828-75db51aa1240.jpg

NUSA selalu konsisten untuk menggunakan bahan-bahan asli dari Indonesia yang didapat dari petani lokal, bahkan nyaris nggak ada yang menggunakan rempah dari luar negeri . Bahan-bahan yang digunakan olehnya hanya diproduksi di wilayah-wilayah tertentu dan sudah mendapatkan sertifikasi Indications Geographical (IG).

Karena mendapatkan semua bahan-bahan makanan dari petani langsung, jelas nggak tiap saat bisa mendapatkan bahan yang sama. Jadi menu di NUSA juga nggak pernah sama, sangat dinamis mengikuti musim panen.

https://kurio-img.kurioapps.com/19/08/16/13045660-52ba-4cba-8691-94215a2bf268.jpg
Kambing Masak Merah

“Menunya tergantung dari bahan apa yang sedang kita punya. Menunya sendiri bisa berganti setiap hari tergantung dari bahan yang tersedia,” tambah chef berkacamata ini. “Jadi kalo misalnya melihat review makanan NUSA di majalah dan mau memesan yang sama persis dengan yang dia baca di majalah, belum tentu ada.”

Alasannya seperti yang udah dijelaskan di atas, karena menu yang disajikan oleh NUSA benar-benar berubah dan berbeda. Sangat tergantung dengan bahan apa yang mereka punya.

https://kurio-img.kurioapps.com/19/08/16/f0694e1c-50e1-44e5-9a39-bbdea543ec64.jpg
Klepon

“Meski ada beberapa menu yang dibuat karena sebuah event, lebih baik langsung dicobain. Karena ketika event -nya selesai belum tentu bisa mencoba menu tersebut,” tambahnya.

Begitu masuk ke dalam restorannya, kita akan menemukan beberapa ruangan privat, serta ada ruangan yang menjual berbagai barang yang Indonesia banget mulai dari kain, pouch, hingga buku-buku mengenai kuliner Indonesia.

Yang menarik lagi adalah NUSA menempati gedung kolonial yang memiliki banyak sekali nilai historinya. Interiornya juga sangat Indonesia banget dengan menggunakan kursi rotan, lampu gantung, hingga lagu yang diputar pun adalah lagu-lagu tradisional Indonesia yang diputar pelan namun tetap bisa terdengar. Sehingga bisa menambah pengalaman menyantap makanan yang benar-benar beda ketika sampai di sini.

Begitu makanan dihindangkan di meja kita, nggak lupa juga pelayannya memberikan informasi mengenai makanan yang disajikan. Mulai dari asalnya makanan tersebut hingga bahan-bahan yang dipakai.

NUSA Indonesian Gastronomy berlokasi di Jalan Kemang Raya No 81, Jakarta Selatan.

Endeus juga punya video “Dari Dapur NUSA Indonesian Gastronomy” yang bisa disaksikan di bawah ini:

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.