Di Jakarta punya banyak banget tempat makan yang udah berjualan sejak lama. Yuk bernostalgia dengan restoran legendaris tersebut.

Karena sudah dibuka sejak lama banget, memiliki banyak pelanggan, akhirnya bisa bertahan hingga saat ini. Jadi nggak salah kalo restoran-restoran yang akan kita bahas ini disebut sebagai tempat makan legendaris.

Di Jakarta ternyata banyak tersimpan berbagai restoran yang enak banget meski udah dibuka sejak lama banget. Menariknya di Ibu Kota banyak kuliner yang bisa kita temui. Bagi yang nggak tinggal di Jakarta, ketika datang wajib banget mampir ke tempat-tempat ini.

Balik lagi bagi kita yang tinggal Jakarta, bisa jadi kita pernah mengunjunginya ketika kecil dulu diajak oleh orangtua atau saudara. Sekarang, nggak ada salahnya untuk kembali bernostalgia dengan mengunjungi berbagai tempat makan legendaris ini.

1. Soto Roxy H. Darwasa

Udah liat video Endeus #DariDapur yang mengangkat rumah makan yang sudah mulai menjajakan soto sejak tahun 1949 ini? Kalo udah nonton, saatnya datang mengunjunginya untuk nikmati soto yang memiliki banyak sekali pelanggan setia.

Panas gurihnya kuah soto betawi yang ditawarkan oleh rumah makan yang berada di Jalan Tidore No 3, Roxy, Jakarta Pusat, siap memanjakan mulut kita. Tapi hati-hati kalo dateng di jam makan siang, siap-siap antre panjang ya.

2. Sate dan Sop Kambing H Mansur

Buat yang tinggal di daerah Tebet mungkin udah nggak asing dengan tempat makan yang satu ini. Karena diperkirakan restoran yang menyediakan sate dan sop kambing tersebut sudah beridiri sejak tahun 1990an.

Yang paling favorit dari tempat makan ini jelas sate dan sop kambingnya. Bahkan, menu ini cepet banget abisnya diborong oleh para pelanggannya. Hati-hati keabisan kalo dateng ke sini rada siang.

3. Mie Ayam Gondangdia

Daerah Cikini dan sekitarnya bisa dibilang surganya kuliner legendaris nan enak. Karena di kawasan ini terdapat banyak sekali penjual kuliner yang dikenal sampai ke daerah lain loh.

Sebut saja mie ayam Gondangdia yang udah dikenal sejak puluhan tahun lalu. Meski sempat berpindah tempat ke Jalan Cikini IV karena renovasi, hingga kini masih menjadi incaran para pecinta mie ayam. Kamu salah satu pecinta mie ayam? Wajib dateng ke sini.

4. Restoran Trio

Lokasinya nggak jauh dari Stasiun Kereta Cikini, tepatnya di Jalan Soeroso. Untuk pecinta makanan khas China, tempat ini selalu jadi pilihan teratas. Sudah beroperasi sejak tahun 1947, restoran yang kental dengan nuansa hijau tersebut sudah dikunjungi oleh berbagai pesohor di negeri ini.

Restoran ini sudah dijalankan dari generasi ke generasi. Meski tempatnya tidak terlalu besar dan masih mempertahankan bentuk originalitasnya sedari dulu, restoran ini hampir tidak pernah sepi pengunjungnya loh.

5. Nasi Goreng Kebon Sirih

Bicara mengenai nasi goreng kambing yang enak dan telah melegenda di Jakarta, ya Nasi Goreng Kebon Sirih pasti jawabannya. Saking banyaknya yang mampir untuk mencicipi nasi goreng kambing ini, mereka harus masak nasinya hingga penuh di atas wajan.

Nasi Goreng Kebon Sirih sudah mulai berjualan sejak tahun 1958. Lokasinya berawal di Kebon Sirih tetapi sekarang sudah ada beberapa cabangnya di tempat lain. Selain menawarkan nasi goreng, menu yang perlu dicoba lainnya adalah sate kambingnya.

Dari kelima restoran dan tempat makan yang telah kita bahas, yang manakah yang menjadi favoritmu? Jawabnya bisa dengan posting di Instastory-mu dengan tag/mention @endeus.tv.

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.