Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Makan seafood tanpa sambal memang kurang mantap rasanya. Berikut ini aneka sambal khas Indonesia yang cocok untuk jadi teman makan masakan seafood.

Salah satu pelengkap ketika makan seafood adalah sambal. Makanan yang satu ini memberikan rasa pedas, manis, dan segar pada seafood. Biasanya sambal disajikan dengan seafood bakar agar rasanya lebih lezat. Ada banyak jenis sambal yang banyak disajikan aneka makanan berbahan dasar seafood. Berikut ini adalah beberapa sambal yang biasa disajikan dengan seafood.

1/ Sambal Dabu-Dabu

Sambal Dabu-Dabu adalah sambal yang berasal dari Manado yang pedas dan segar. Membuat Sambal Dabu-Dabu sangat mudah, yaitu semua bahan diiris dan ditambah dengan perasan lemon cui dan garam. Bahan yang digunakan untuk Sambal Dabu-Dabu adalah bawang merah, tomat hijau, dan cabai rawit. Udang dan ikan yang bertekstur lembut sangat cocok disajikan dengan Sambal Dabu-Dabu ini.

2/ Sambal Matah

Hampir mirip dengan Sambal Dabu-Dabu, Sambal Matah adalah sambal yang dibuat dengan cara diiris. Sambal yang berasal dari Bali ini dibuat dari bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk, cabai, garam, dan terasi. Semua bahan diiris tipis kemudian diberi perasan jeruk nipis dan juga disiram dengan minyak kelapa panas. Sambal Matah sangat cocok disajikan dengan ikan bakar dan seafood bakar lain dan juga nasi hangat dan sayuran pendamping lain.

3/ Sambal Mangga

Sambal Mangga adalah salah satu jenis sambal yang unik. Sambal yang satu ini dibuat dari mangga muda yang dicampur dengan sambal, yaitu cabai, gula merah, terasi, dan garam. Semua bahan dicampur menjadi satu kemudian ditambah dengan mangga muda yang sudah diserut kasar. Perpaduan rasa asam, pedas, asin, dan manis memberikan rasa yang lezat pada sajian seafood. Selain itu, mangga muda juga membantu mengurangi rasa amis pada seafood.

4/ Sambal Kecap

Kalau olahan sambal untuk seafood yang lain memberikan rasa pedas dan asam yang segar. Sambal Kecap memberikan perpaduan rasa manis yang dominan namun tetap sedap. ENDEUSiast bisa membuat Sambal Kecap dengan mudah yaitu dengan mencampurkan irisan cabai rawit dan bawang merah dengan kecap. ENDEUSiast juga bisa menambahkan perasan air jeruk agar lebih segar. Udang dan cumi bakar sangat cocok dipadukan dengan sambal kecap ini.

5/ Sambal Cabai Hijau

Sambal Hijau adalah salah satu sambal yang banyak disajikan di rumah makan Padang. Sambal yang satu ini dibuat dari perpaduan cabai hijau, tomat hijau, bawang merah, dan bawang putih. Sambal yang satu ini mempunyai rasa pedas yang segar dan juga manis dan gurih. Ikan bakar sangat cocok disajikan dengan sambal yang satu ini dengan sepiring nasi hangat.

Nah, itu dia aneka sambal yang cocok disantap bersama olahan seafood. Kalau ENDEUSiast suka sambal yang mana?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya