Salah satu sajian es yang enak sebagai menu berbuka puasa adalah es pisang ijo. Segar, manis, dan dinginnya yang membuat nagih untuk terus dinikmati.

Berbagai macam es sebagai takjil berbuka puasa sudah banyak disajikan dan pilihan. Salah satunya adalah es pisang ijo yang nggak pernah sepi dari peminatnya. Nggak cuma pada saat puasa aja, tetapi di bulan-bulan lainnya juga banyak yang membeli es ini.

Kuliner ini berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Bagi kita yang suka berburu makanan khas nusantara pasti udah nggak asing dengan sajian es yang satu ini. Memiliki warna yang khas yaitu hijau dan pink, orang udah pasti langsung ngiler hanya dengan melihatnya saja.

Es pisang ijo terbuat dari pisang raja yang dikukus, kemudian dibalut dengan adonan dadar berwarna hijau dan dibaluri dengan bubur sum-sum. Nggak lupa juga ditambahkan es serut yang disiram dengan sirup merah rasa pisang ambon plus krimer kental manis.

Setelah pisang dikukus dan dibalut dengan adonan mirip bubur sum-sum, pisang dipotong-potong kemudian disajikan di atas mangkuk. Baru ditaburi es serut dan dilumuri sirup serta krimer kental manis.

Warna hijau pada es pisang ijo ternyata ada arti filosofinya. Bagi masyarakat Makassar, hijau melambangkan malabbiri atau keanggunan, sopan santun, dan bertutur elok seperti yang dikutip dari Kumparan.com.

Diakatakan juga warna hijau melambangkan kedamaian dan bisa memberikan kesejukan bagi siapapun yang melihatnya.

Menikmatinya emang bisa langsung membuat badan segar kembali. Makanya es pisang ijo bisa menjadi salah satu pilihan sebagai takjil di bulan puasa seperti sekarang ini. Saking populernya, sajian ini menjadi yang paling laris ketika Ramadan tiba.

Gimana enggak, karena banyak rasa yang terkandung di dalam satu mangkuk es pisang ijo. Ada legitnya pisang, gurihnya bubur sum-sum, manisnya dari sirup dan krimer kental manis, serta segar dingin dari es serut bisa kita rasakan di dalam mulut dalam satu suapan.

Selain itu ada juga yang menambahkan berbagai macam topping yang bisa menambahkan pengalaman tak terlupakan saat menyantapnya. Sebut saja seperti keju parut, meises, hingga kacang merah adalah contoh yang biasa kita temukan.

Untuk kita yang mau buat sendiri di rumah, ini dia resepnya dari Endeus:

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.