Nasi uduk kerap jadi makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Kenapa makanan ini bisa banyak yang suka? Yuk cari tahu alasannya.

Siapa tidak kenal nasi uduk? Nasi ini merupakan nasi yang sangat digandrungi terutama bagi penduduk Jakarta alias warga Betawi. Menurut sejarah, nasi ini asalnya dari Melayu dan masuk melalui perdagangan di abad 14 hingga 16. Secara kosakata bahasa sunda, uduk berarti bersatu atau bercampur. Namun ada sumber lain yang mengatakan bahwa uduk artinya susah, sesuai ekonomi dan kondisi pembeli.

Saat ini, nasi uduk menjadi makanan perdagangan yang laris, banyak orang juga menjadikannya sebagai menu sarapan harian. Semua orang sepertinya menyukai nasi ini. Lalu, kenapa mereka suka? Apa sih keistimewaan nasi uduk ini sampai dicintai banyak orang?

1/ Menggunakan Santan dan Rempah-Rempah

Menurut penelitian, pemberian santan pada makanan memang membuat makanan jauh lebih sedap. Ini karena saat santan dipanaskan dan membuat kadar air berkurang, saat itu ada reaksi Maillard atau browning yang membentuk molekul-molekul kecil yang membuat makanan lebih sedap. Begitu pula dengan nasi uduk, nasi ini diberi santan dari perasan kelapa yang diparut sehingga ada rasa gurih ketika melahap nasi uduk.

Selain santan, penggunaan rempah-rempah seperti daun salam, cengkeh, serai, kayu manis, dan merica. Perpaduan bumbu ini menambahkan cita rasa yang hangat serta aroma menggoda pada setiap sajian nasi uduk. Tapi jangan lupa, untuk menambah pulen nasi , ada teknik khususnya.

2/ Pilihan Lauk yang Beragam

Bagi orang Indonesia, tentu kalau makan nasi harus ada lauk pauknya, termasuk nasi uduk. Lauk yang disediakan untuk disantap bersama pun beragam, ada ayam goreng, empal daging, kentang balado, tempe orek, bihun goreng, telur balado, semur jengkol, dan sebagainya.

Untuk penyuka pedas, sambal kacang dan sambal terasi bisa ditambahkan ke dalam makanan. Sebagai pelengkap, gorengan dan kerupuk siap sedia menambah meriah makananmu. Untuk gorengan, biasanya yang banyak disediakan adalah tempe dan bakwan. Jangan lupakan bawang goreng yang menjadi toping dari nasi. Pastinya lauk ini makin memanjakan lidah.

3/ Harganya Cukup Murah

Selain rasanya yang nikmat, nasi uduk merupakan makanan yang terjangkau bagi sebagian besar orang. Untuk membawa pulang nasi uduk, ENDEUSiast tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Cukup dengan sekitar 6.000-25.000 rupiah, ENDEUSiast sudah bisa menikmati satu porsi nasi uduk beserta lauk pauk. Harga yang dipatok tentu saja tergantung dengan lauk apa yang ENDEUSiast tambahkan. Murah bukan?

Tentu dengan pertimbangan-pertimbangan ini, nasi uduk menjadi pilihan untuk mengeyangkan hati dan perut bagi kebanyakan orang.

Selain jalur membeli, ENDEUSiast juga bisa membuatnya di rumah. Tidak perlu sulit-sulit menggunakan panci, ENDEUSiast bisa menggunakan rice cooker yang ada dengan teknik tertentu. Apalagi bahan-bahannya mudah di dapatkan.

Apakah ENDEUSiast juga salah satu penggemar nasi uduk?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.