Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Ragam sajian nasi olahan Sunda bercita rasa lezat yang memiiliki penggemar tersendiri. Raos!

Beberapa orang Indonesia beranggapan bahwa jika belum memakan nasi maka belum makan karena makanan pokok orang Indonesia adalah nasi. Nasi mengandung karbohidrat yang dapat berguna sebagai sumber tenaga. Selain itu nasi mengadung zat gula sehingga membuat nasi memiliki rasa manis meskipun tidak diberi bumbu tambahan. Akan tetapi terkadang ENDEUSiast pasti bosan makan nasi yang begitu-begitu saja. Oleh sebab itu ENDEUSiast bisa mencoba nasi khas masakan Sunda.

1. Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan nasi yang terkenal terutama bagi masyarakat di tanah Jawa. Ada dua macam nasi liwet yaitu nasi liwet versi Solo dan nasi liwet versi Sunda. Perbedaan nasi liwet Solo dan Sunda terletak pada bahan yang digunakan untuk memasak. Nasi liwet Solo menggunakan santan sedangkan nasi liwet Sunda tidak menggunakan santan. Nasi liwet dapat dipadukan dengan beraneka ragam lauk seperti ikan asin, sayur asem, ikan bagar, hingga tahu goreng.

2. Nasi Timbel

Pada awalnya, nasi timbel merupakan nasi yang menjadi bekal para petani ketika bekerja di ladang. Nasi timbel merupakan nasi hangat yang baru saja selesai dimasak dibungkus dengan daun pisang. Suhu panas nasi mengenai daun pisang sehingga daun pisang matang dan mengeluarkan aroma yang khas.

Selain itu, yang menjadi ciri khas nasi timbel yaitu nasi timbel dibuat dengan beras bagolo dan beras merah campuran, sehingga menghasilkan wangi yang berbeda. Nasi timbel biasanya dimakan dengan kerupuk, teri atau emping. Jika ENDEUSiast ingin mencoba nasi timbel, ENDEUSiast bisa berkunjung ke Bandung karena yang menjual nasi timbel banyak sekali mulai dari pedagang kaki lima sampai restoran mewah.

3. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutugoncom merupakan masakan sunda yang berasal dari Tasikmalaya Jawa Barat. Hidangan yang satu ini terbuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Nasi tutug oncom berasal dari bahasa Sunda. Tutug dalam bahasa sunda berarti menumbuk. Oncom digunakan sebagai campuran dalam menumbuk nasi. Oleh sebab itu diberi nama nasi tutug oncom. Masakan khas Sunda ini memiliki beberapa barian yaitu tutug oncom lele, tutug oncom ampela, tutug oncom asin peda, dan tutug oncom telur. Nasi tutug oncom memiliki rasa yang gurih. Nasi ini dapat dengan mudah ENDEUSiast temukan di kota Bandung.

4. Nasi Cikur

Nasi cikur berasal dari bahasa Sunda yang berarti nasi kencur. Sesuai namanya tersebut, nasi ini dibuat dengan campuran kencur muda atau kencur yang bertunas dengan umbi masih putih warnanya. Nasi cikur memiliki rasa yang sedikit getir namun renyah dan aromanya yang sedap. Cara membuat nasi cikur hampir sama dengan cara membuat nasi goreng yaitu semua bahan dicampurkan menjadi satu. Nasi cikur dapat dengan mudah ENDEUSiast temui di Bandung.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.