Nasi goreng menjadi salah satu menu buka puasa dan sahur favorit. Tapi ada yang harus diperhatikan nih sebelum menyantapnya.

Cara pembuatannya yang cukup mudah, dengan nasi sebagai bahan utamanya, jadilah nasi goreng banyak dipilih sebagai menu sahur dan berbuka puasa. Macamnya pun banyak sekali untuk dipilih sesuai keinginanmu.

Dipilih sebagai menu sahur karena nggak pake ribet dalam mengolahnya. Udah gitu, bahan dasar nasi yang bisa membuat perut kenyang ketika habis menyantapnya. Diharapkan nasi goreng mampu memenuhi semua kebutuhan tubuh selama menjalani puasa.

Meski begitu ada pula beberapa langkah yang bisa diperhatikan dalam mengolah nasi goreng sebagai menu sahur. Nasi goreng diolah menggunakan minyak dan menjadi makanan kering (tidak berkuah), karena hal tersebut ketika mengonsumsinya bisa membuat kita juga jadi cepat haus.

Mungkin hal ini bisa diatasi dengan tidak makan sahur yang waktunya mepet dengan imsak. Agar masih ada waktu untuk minum ketika haus datang.

Makanan yang kering ketika disantap bisa berdampak juga pada pencernaan tubuh. Sayangnya akan menjadi masalah apalagi kalau kita akan berpuasa.

Selain itu asupan tambahan di dalam nasi goreng juga perlu diperhatikan agar kandungannya seimbang. Bisa menambahkan sayuran dan biji-bijian di dalam nasi goreng supaya serat dalam tubuh bisa terpenuhi.

Jika ingin menambahkan berbagai topping di dalam nasi gorengmu pastikan yang rendah lemak. Penambahan lauk hewani juga bisa menambahkan kandungan lemak di dalam nasi gorengmu.

Minyak yang digunakan juga harus diperhatikan. Pastikan takaran minyak seimbang dengan jumlah nasi yang dimasak. Jangan sampai minyak yang terlalu banyak dan pastikan juga nggak menggunakan minyak yang telah dipakai berkali-kali.

Karena makanan yang berminyak cukup lama dan sulit dicerna oleh tubuh. Bisa jadi tubuh menjadi diare atau sakit perut. Nggak mau kan mengalaminya ketika sedang berpuasa?

Kita bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak jagung. Hindari juga menggunakan mentega yang tinggi lemak jenuh.

Hal di atas juga bisa diaplikasikan pada nasi goreng sebagai menu buka puasa. Setelah menyantap takjil, santap nasi goreng emang paling enak banget. Bisa langsung mengobati lapar selama seharian penuh berpuasa.

Karbohidrat yang dikandung oleh nasi pas banget buat pengobat lapar tubuh sehabis berpuasa. Yang perlu diperhatikan ketika menjadikan nasi goreng sebagai menu buka puasa adalah jangan sampai makan terlalu banyak.

Selain nggak bagus untuk perut, kekenyangan juga nggak bisa membuat kita beraktivitas secara biasanya.

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.