Apakah nasi goreng masuk daftar makanan favoritmu? Simak beberapa jenis nasi goreng yang populer di kalangan masyarakat Indonesia berikut ini!

Nasi goreng adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang paling terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan tak jarang setiap rumah mengolahnya sebagai menu wajib untuk sarapan atau di saat kelaparan tengah malam. Nasi goreng bisa menjadi solusinya. Di setiap perlombaan memasak di hari Kemerdekaan pun, banyak juga yang mengolah nasi goreng dan mengkreasikannya karena sangat praktis dan menghemat waktu.

Ada beberapa macam nasi goreng yang populer di kalangan masyarakat Indonesia di antaranya:

1/ Nasi Goreng Jawa

Bumbu sambal ulek berupa cabai dan bawang-bawangan inilah yang menjadikan nasi goreng jawa menjadi unik. Warna merah pada nasinya didapat dari warna merah cabai segar. Lauk yang digunakan untuk campuran pun beragam, mulai dari suwiran ayam kampung, telur, sayur hijau, tomat dan mentimun.

2/ Nasi Goreng Aceh

Tidak hanya mie Aceh saja yang terkenal, nasi goreng Aceh juga memiliki cita rasa dengan bahan rempah kuat yang menghangatkan. Nasi goreng aceh menggunakan daging kambing/sapi dan udang yang menambah rasanya semakin kuat. Di samping itu , emping dan acar irisan bawang menjadi ciri khas pelengkapnya.

3/ Nasi Goreng Mawut

Mawut dalam bahasa Bahasa Indonesia berarti berantakan. Tampilan nasi ini memang terkesan berantakan, karena semua bahan dicampur jadi satu. Nasi Goreng Mawut kaya akan lauk seperti mie, kol, beberapa sayuran hijau, dan suwiran daging ayam yang digoreng bersama. Sama seperti nasi goreng jawa, nasi goreng ini terasa lebih manis, karena tambahan kecap yang sesuai dengan selera lidah masyarakat Jawa khususnya Jawa Tengah.

4/ Nasi Goreng Ikan Asin

Nasi goreng ikan asin biasanya disajikan tanpa saus. Nasi goreng ini dimasak dengan cincangan ikan asin dan cabai rawit. Di tambah lalapan seperti irisan kubis mentah dan tomat.

5/ Nasi Goreng Kambing

Bumbu nasi goreng ini terdiri dari jinten, cengkeh, dan kapulaga. Sehingga aromanya lebih wangi dan manis, dengan rasa gurih khas daging kambing.

6/  Nasi Goreng Seafood

Campuran nasi goreng seafood terdiri dari berbagai hasil laut, seperti udang, ikan, kepiting, cumi, dan rumput laut. Biasanya nasi goreng ini dimasak tanpa bumbu saus atau cabai. Tergantung selera tingkat pedasnya.

7/ Nasi Goreng Petai

Nasi goreng petai memiliki cita rasa yang khas. Baik dari segi rasa dan aroma. Nasi goreng ini bisa dikombinasikan dengan daging ayam atau ikan asin. Namun tidak semua orang menyukai campuran nasi goreng yang satu ini, karena bau yang ditimbulkan petai memang sangat menyengat.

Jadi ENDEUSiast suka nasi goreng yang mana? Atau mau berkreasi dengan bahan lainnya di rumah?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.