Setiap daerah di Indonesia memiliki nasi goreng dengan cita rasa yang berbeda. Mana yang pernah ENDEUSiast coba?

Kenikmatan nasi goreng tidak perlu dipertanyakan lagi. Masakan ini sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Sangat mudah untuk menikmati hidangan ini sebab dari pedagang pinggir jalan hingga restoran di hotel menyediakan sajian ini dengan harga yang bervariasi. Selain itu, bumbu dan toping yang tawarkan juga beraneka ragam.

Tiap daerah di tanah air pun memiliki keistimewaannya. Mau tahu nasi goreng khas Indonesia, yuk simak.

1/ Nasi Goreng Mawut Jawa

Dinamakan nasi goreng mawut karena tampilannya yang berantakan. Nasi goreng ini dibuat dengan bumbu merah dan dicampur dengan mie kluntung. Agar semakin nikmat, nasi goreng ini memadukan antar telur dan ayam suwir. Nasi goreng mawut memiliki cita rasa manis.

2/ Nasi Goreng Petai Padang

Padang terkenal dengan masakan Nasi Padang yang digemari banyak masyarakat Indonesia. Akan tetapi, Padang juga memiliki menu nasi goreng yang tak kalah nikmatnya. Bagaimana tidak, nasi goreng khas Padang memiliki ciri khas adanya toping petai. Selain itu, nasi goreng ini menggunakan bumbu rempah-rempah yang membuat rasa dan aromanya istimewa.

3/ Nasi Goreng Daus Aceh

Nasi goreng Aceh dibuat menggunakan bumbu yang yang sama dengan bumbu Aceh. Nasi goreng ini disajikan dengan daging sapi yang dipotong kotak-kotak. Ciri khas nasi goreng ini adalah adanya emping dan krupuk yang menambah nasi goreng ini semakin nikmat. Ditambah ada potongan bawang merah mentah di atasnya.

4/ Nasi Goreng Piritan Sunda

Nasi goreng piritan memiliki ciri khas tambahan jeroan ikan yang terlebih dahulu digoreng sebelum dicampur bumbu nasi goreng. Nasi goreng ini berwarna kuning karena ada campuran kunyit dan memiliki aroma kencur yang kuat.

5/ Nasi Goreng Merah Makassar

Biasanya nasi goreng memiliki warna kecoklatan karena tambahan kecap. Berbeda dengan nasi goreng biasanya, nasi goreng yang berasal dari Makassar berwarna merah. Warna merah yang mencolok ini berasal dari saus tomat produksi lokal. Kalau ENDEUSiast penasaran bagaiamana rasanya, Endeus.tv punya resepnya di sini . Cobain, ya.

6/ Nasi Goreng Bali

Nasi goreng bali memiliki keistimewaan karena adanya sambal matah yang menjadi teman menyantapnya. Nasi goreng ini kaya akan rempah-rempah. Ditambah lagi adanya toping sate lilit khas Bali yang endeus banget.

7/ Nasi Goreng Montok Jambi

Disebut nasi goreng montok karena disajikan dalam porsi yang besar. Jika ENDEUSiast memesan nasi goreng khas Jambi ini, ENDEUSiast akan mendapati resoles berukuran besar di atas piring. Jika resoles itu dibuka, ENDEUSiast akan mendapati nasi goreng hangat yang siap disantap. Unik sekali, ya.

Nah itu tadi nasi goreng khas daerah-daerah di Indonesia. Mana nih yang paling menarik perhatianmu?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.