Lauk telur ternyata memiliki nama unik berdasarkan proses dan tingkat kematangannya.

"

Telur ayam adalah komoditas pangan paling populer digunakan untuk segala jenis masakan. Umumnya diolah untuk sarapan karena mudah dimasak, dikombinasikan, murah, bergizi dan cepat saji. Banyak diolah baik direbus, kukus, panggang, hingga digoreng. Bila kita lebih mengenal istilah telur mata sapi atau ceplok , telur dadar, atau orak arik. Pada kenyataannya telur goreng atau fried egg memiliki nama yang berbeda. Telur goreng di sini lebih kepada diolah dengan sedikit minyak atau lemak, agar protein pada telur tidak rusak. Nah! Berikut nama keceh sajian telur.

1. Omellete

Banyak teori yang membahas asal muasal nama omelette , ada yang menyebutkan sebagai akronim dari ova malleta atau berarti telur bulan purnama. Ada juga yang menyebutkan sebagai aumelette yang berarti dituang dan setipis di atas wajan. Omelette atau telur dadar memiliki banyak varian isi maupun tekstur. Yang sedang viral omelette ala Jepang yang fluffy dan lembut.

2. Sunny Side Up

Isilah keren untuk telur mata sapi, disebut sunny karena kuning telur yang bulat utuh ditengahnya seperti matahari. Uniknya telur tidak dibalik untuk mematangkan kedua sisi melainkan diciprati sedikit air. Lalu ditutup sebentar agar permukaan atas telur bisa matang karena uap yang naik dari cipratan air.

3. Over Easy

Ini juga nama keceh telur mata sapi, bedanya dengan sunny side up telur dibalik untuk dimatangkan. Telur dibalik saat putih telur mulai memutih agar matang sempurna. Kata over merujuk kepada dibalik, sementara easy merujuk pada tingkat kematangan kuning telur yakni setengah matang. Ada juga yang menyebutkan over medium dan over hard yang masih merujuk kematangan kuning telur yang matang dan mengeras.

4. Scramble

Telur orak arik, umumnya dimasak dengan tambahan krim kental agar telur berteksur lembut dan gurih. Biasanya telur dikocok terlebih dulu dengan krim, sementara wajan dipanaskan di atas api sedang dengan sedikit minyak. Setelah dituang tunggu bebebrapa detik atau telur sedikit matang, lalu aduk atau orak-arik. Langsung angkat dan sajikan dan diberi taburan seperti peterseli cincang.

5. Frittata

Frittata berasal dari bahasa Italia yang berarti dadar. Sajian ini umumnya menggunakan banyak telur dikocok dengan isi yang sangat banyak. Isinya seperti cincangan tomat, sayur bayam, jamur, dan daging asap atau irisan daging ang tipis. Campuran telur dituang di atas wajan tebal yang dipanaskan dengan api kecil untuk memasak lapisan bawah. Setelah itu dipanggang untuk mematangkan seluruh telur. Dipotong seperti pizza dan dinikmati sebagai sarapan.

"

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.