Hidangan-hidangan khas Lebaran seperti ketupat, opor ayam, hingga rendang, sulit untuk ditolak. Belum lagi pilihan kue kering yang ada di meja tamu!

Pertanyaan:

Saya termasuk menjada pola makan saat berpuasa. Tapi saya khawatir saat bersilahturahmi ke kerabat nanti, pertahanan saya akan goyah dengan rentetan makanan yang menggoda untuk dicoba. Mungkinkah ada cara untuk mencegah kebaikan berat badan saat Lebaran?

Jawaban:

Ya, memang enggak ada salahnya sih jika Kamu ingin menyantap semua sajian yang disajikan saat Lebaran, namanya juga sedang merayakan momen bahagia hari raya kan. Eits, tapi pernah enggak sih Kamu berpikir bahwa setelah mengonsumsi makanan yang berlebihan saat Lebaran tersebut bisa berakibat pada naiknya berat badan? Nah, supaya Kamu tidak khawatir terhadap timbangan yang naik setelah Lebaran, mending ikuti beberapa tips dari GueSehat di bawah ini.

Pilih-pilih kue lebaran untuk dikonsumsi

Saat Lebaran, ada banyak sekali jenis kue yang sangat menggiurkan, mulai dari nastar, kastengel, hingga putri salju. Nah, meskipun semua kue tersebut boleh saja Kamu makan, tapi sebaiknya jangan lakukan hal tersebut Gengs! Kamu harus bisa menahan hasratmu untuk menghabiskannya, jika tidak ingin jarum timbanganmu bergerak ke arah kanan.

Jika memang ingin mencobanya, pilihlah beberapa jenis kue saja dan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Cobalah untuk menghindari kue-kue manis, seperti putri salju atau kue yang berbahan dasar cokelat. Pilihlah kue yang memiliki kadar gula rendah seperti kacang-kacangan atau kue oatmeal yang dibuat tanpa gula.

Atur porsi makan

Setelah berpuasa satu bulan lamanya, mungkin Kamu akan berpikir jika saat Lebaran adalah waktu yang tepat untuk memanjakan lidah. Tapi sebaiknya tetap hindari makan dengan porsi yang terlalu berlebihan serta secara sembarangan. Aturlah pola makan dan porsi makanmu saat Lebaran maupun setelahnya.

Biasanya saat Lebaran, Kamu tidak hanya mengunjungi satu rumah saja. Nah, untuk mengakalinya, Kamu bisa mengonsumsi setiap makanan dengan porsi kecil agar Kamu masih memiliki ruangan pada perutmu untuk menikmati makanan di rumah selanjutnya.

Kurangi mengonsumsi daging

Namanya juga pesta hari raya, pasti makanan yang disajikan akan terbilang enak dan mewah. Tidak heran, jika Kamu akan menemukan banyak hidangan dengan bahan dasar daging. Namun, jika tidak ingin beratmu bertambah setelah Lebaran sebaiknya hindari mengonsumsi daging dalam jumlah yang banyak. Hindari pula hidangan-hidangan daging yang disajikan dengan kuah santan, karena kombinasi hidangan ini akan membuat berat badanmu melonjak dengan sangat cepat. Untuk mengimbanginya, Kamu bisa menambahkan sayur-sayuran dalam hidanganmu.

Perbanyak minum air putih

Selain makanan, minuman yang beraneka macam seperti soda atau pun sirup tentu tidak akan terlewat saat hari Lebaran. Namun, berusahalah untuk mengontrol diri Kamu dan usahakan tetap meminum air putih ya, Gengs! Dengan banyak mengonsumsi air putih, metabolisme tubuhmu akan menjadi lebih cepat, sehingga kalori yang dikonsumsi tidak akan menumpuk dan menyebabkan penimbunan lemak di badan. Selain itu, dengan minum banyak air putih, Kamu juga bisa menekan keinginanmu untuk mengonsumsi banyak makanan.

Tetap mengonsumsi buah

Makanan sudah terkontrol, minuman juga sudah terpenuhi, namun jangan lupakan buah ya Gengs! Selain bisa menjadi penyeimbang makanan yang telah Kamu konsumsi, dengan mengonsumsi buah, keinginanmu untuk menyantap kue-kue atau makanan lain bisa sedikit dikurangi. Selain itu, buah juga dapat digunakan sebagai penetral lemak dalam tubuh, sehingga dapat langsung diserap oleh tubuh.

Lakukan olahraga

Meskipun sedang Lebaran, namun Kamu juga tidak boleh lupa untuk melakukan olahraga. Luangkan waktu selama kurang lebih 30 menit saja untuk berolahraga ringan seperti jalan kaki atau squat di pagi hari. Dengan tetap rutin melakukan olahraga ini, maka niscaya berat badanmu akan tetap terjaga!

Lebaran memang merupakan hari yang dinanti-nantikan setelah sebulan menjalani puasa. Tapi, jangan sampai momen tersebut justru membuatmu menjadi lupa diri dan akhirnya menghabiskan segala makanan dan minuman yang ada tanpa terkontrol. Lakukan beberapa tips di atas agar berat badanmu bisa tetap terjaga saat Lebaran tiba. Jangan sampai deh badanmu jadi 'lebar-an' setelah merayakan Lebaran!

*artikel ini merupakan kerjasama Endeus.TV dan GueSehat.com. Klik link untuk menuju artikel asli

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.