Bagi ENDEUSiast yang berencana mudik ke luar Pulau Jawa, ini dia beberapa oleh-oleh yang bisa dijadikan referensi.

Indonesia terkenal dengan berbagai macam makanan enak. Alasan itulah yang menjadikan tradisi setiap hendak mudik lebaran membawakan oleh-oleh. Bagi ENDEUSiast yang tinggal di Pulau Jawa dan hendak mudik lebaran, maka disarankan untuk membeli oleh-oleh khas Jawa untuk keluarga dirumah. Mungkin saja ada anggota keluarga yang belum pernah mencicipi makanan khas dari daerah tertentu.

Momen lebaran inilah menjadi waktu yang pas untuk ENDEUSiast bawa oleh-oleh. Tapi bingung apa oleh-oleh khas Jawa yang bisa dibawa pulang? Mari kita simak daftar oleh-oleh khas Jawa dibawah ini.

1/ Sale Pisang

Bagi ENDEUSiast yang menyukai pisang manis namun dengan olahan yang berbeda. Maka harus membawa oleh-oleh khas Jawa yang satu ini yaitu sale pisang. Makanan yang berasal dari Cilacap ini merupakan hasil olahan pisang yang disisir lalu di jemur agar kering.

Setelah kering, irisan pisang tersebut di goreng dengan dikasih bumbu yang membuat rasanya menjadi lebih manis. Oleh-oleh khas Jawa yang satu ini bisa dibawa mudik lebaran karena rasanya yang manis serta tahan lama.

2/ Manisan Carica Dieng

Mau minuman yang manis? Cobalah manisan carica Dieng. Manisan carica Dieng ini berasal dari Wonosobo. Jika ENDEUSiast tinggal atau ketika mudik lebaran melewati jalan Wonosobo maka disepanjang jalan ENDEUSiast akan menemukan banyak sekali penjual manisan carica khas Dieng.

Manisan carica bentuknya hampir mirip seperti pepaya namun lebih kecil dan keras. Rasanya yang manis membuat manisan carica ini menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Jawa ketika mudik lebaran.

3/ Asinan Bogor

Bosan dengan makanan atau minuman manis. Cobalah ganti dengan Asinan Bogor. Ya, sesuai dengan namanya memang asinan ini berasal dari Bogor karena memang kota hujan ini identik dengan asinan. Bila keluarga ENDEUSiast senang mengudap asinan, maka asinan yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jawa yang bisa ENDEUSiast bawa pulang mudik nantinya.

Ada 2 jenis asinan Bogor yang bisa ENDEUSiast pilih yaitu asinan buah dan asinan sayur. ENDEUSiast tinggal pilih sesuai selera keluarga dirumah.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Jawa yang bisa ENDEUSiast bawa mudik lebaran. Bila ENDEUSiast tertarik untuk membuat asinan bogor sendiri dirumah maka bisa membuka linknya di sini . Jadi ENDEUSiast tidak perlu repot-repot beli atau harus datang jauh ke Bogor hanya untuk membeli asinan karena kini sebelum pulang mudik ENDEUSiast bisa membuatnya dirumah terlebih dahulu. Selamat mencoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.