Minuman Khas Pontianak yang Endeus!
Minuman Khas Pontianak yang Endeus!

Pontianak memiliki beragam minuman khas yang wajib ENDEUSiast coba saat berkunjung ke sana.

Pontianak memiliki beragam minuman khas yang wajib ENDEUSiast coba saat berkunjung ke sana. Penasaran apa saja minumannya?

Indonesia tidak hanya memiliki makanan yang beraneka ragam, namun juga memiliki minuman yang beraneka ragam. Setiap daerah di Indonesia memiliki minuman khas, salah satunya Pontianak. Jika ENDEUSiast sedang berkunjung ke Pontianak sebaiknya ENDEUSiast mencoba minuman ini.

1/ Ce Hun Tiao atau Ce Hun Tiaw

Jika dilihat dari namanya, mungkin ENDEUSiast akan mengira bahwa minuman ini berasal dari Tiongkok. Ce Hun Tiao berasal dari Pontianak. Jika ENDEUSiast sulit menyebutkan nama minuman ini, ENDEUSiast bisa menyebutnya dengan Es Campur ala Pontianak. Minuman ini terdiri dari kacang merah, cincau dipotong dadu kecil-kecil, jelly bening panjang, ketan hitam dan sepotong bongko.

Hal yang menjadikan Es Campur ini beda dari Es Campur lainnya adalah adanya bongko. Bongko adalah kue berwarna hijau. Warna hijau tersebut terbuat dari pewarna alami pandan atau daun suji. Jika ENDEUSiast sedang berkunjung di Pontianak dan ingin mencoba Ce Hun Tiao ENDEUSiast bisa membelinya di Jalan W.R Supratman atau yang biasa disebut warga sekitar dengan nama Jalan Waru.

2/ Es Krim Angi

Es krim merupakan minuman yang sangat menyegarkan dan disukai hampir setiap orang. Bagi ENDEUSiast pencinta es krim, ENDEUSiast wajib mencoba Es Krim Angi. Es ini memiliki penyajian yang unik dan beda dari es krim lainnya. Pada umumnya es krim disajikan dengan cone atau ditusuk menggunakan stik es krim. Es Krim Angi disajikan menggunakan batok kelapa muda. Batok kelapa muda yang masih ada serabutnya dan berwarna hijau dibentuk sedemikian rupa menyerupai mangkok.

Satu mangkok batok kelapa berisi 3 skup Es Krim Angi dengan rasa yang berbeda-beda. Tidak kalah dengan es krim yang kekinian lainnya, Es Krim Angi juga dilengkapi topping yaitu berupa jelly panjang seperti mi dan kacang merah. Es Krim Angi memiliki cita rasa yang unik yaitu manis, gurih dan segar.

3/ Es Jagung Pontianak

Pontianak memiliki minuman yang anti mainstream yang bakal ENDEUSiast kangenin jika sudah mencobanya. Sesuai dengan namanya, minuman ini terbuat dari jagung manis yang masih muda. Jika dilihat sekilas, minuman ini mirip dengan jagung susu keju. Jika jagung susu keju tidak diberi es dan hanya memiliki sedikit kuah, Es Jagung Pontianak diberi es dan memiliki banyak kuah. Es Jagung Pontianak terbuat dari jagung yang direbus sampai lunak dicampur dengan susu kental manis, gula dan air.

4/ Es Lidah Buaya

Saat ini lidah buaya sangat terkenal karena memiliki banyak manfaat terutama bagi kulit dan rambut. Lidah buaya tidak hanya digunakan sebagai skin care namun juga enak dibuat sebagai minuman, salah satunya Es Lidah Buaya. Es Lidah Buaya memiliki banyak penggemar bahkan menjadi menu wajib masyarakat Pontianak saat berbuka puasa. Es Lidah Buaya memiliki cita rasa yang manis dan tentunya menyegarkan.

Nah, itu dia minuman khas Pontianak yang tidak boleh ENDEUSiast lewatkan.

Endeustorial

Ikuti Instagram