Minuman Khas Indonesia yang Cocok Diminum Saat Musim Hujan
Minuman Khas Indonesia yang Cocok Diminum Saat Musim Hujan

Indonesia memiliki minuman khas yang beraneka ragam. Di antaranya ada yang mampu membuat tubuh menjadi hangat sehingga cocok diminum saat musim hujan.

Indonesia merupakan negara tropis sehingga hanya mengenal dua musim yaitu musim panas dan hujan. Saat musim hujan suhu udara cenderung dingin dan dapat menyebabkan masyarakat terserang flu. Indonesia sebenarnya memiliki minuman tradisional yang sangat cocok diminum ketika musim hujan karena dapat menghangatkan tubuh.

1/ Wedang Uwuh

Wedang Uwuh merupakan minuman tradisional yang berasal dari Yogyakarta. Uwuh merupakan kata yang berasal dari bahasa Jawa. Uwuh berarti sampah. Bahan-bahan untuk membuat Wedang Uwuh merupakan kumpulan dedaunan yang sekilas mirip sampah sehingga disebut Wedang Uwuh.

Wedang Uwuh berwarna merah cerah dan memiliki bau yang harum. Warna merah pada minuman ini berasal dari secang yang merupakan bahan membuat Wedang Uwuh. Saat diminum, perut kita akan terasa hangat. Rasa hangat ini disebabkan karena adanya jahe yang dimasukkan ke dalam Wedang Uwuh. Jika ENDEUSiast ingin merasakan Wedang Uwuh, sudah banyak yang menjual dalam bentuk instan maupun celup.

2/Bandrek

Bandrek merupakan minuman khas yang berasal dari Jawa Barat. Bahan untuk membuat minuman ini adalah Jahe dan Gula Jawa atau Gula Aren. Akan tetapi, beberapa orang juga menambahkan beberapa rempah-rempah seperti Cengkeh dan Kayu Manis supaya lebih lezat. Minuman ini biasa diminum orang Sunda di malam hari untuk menghangatkan tubuh.

3/ Sekoteng

Sekoteng adalah minuman khas dari Jawa Tengah yang dihidangkan dalam keadaan panas atau hangat. Bahan untuk membuat Sekoteng yaitu kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti tawar. Sekoteng biasanya dijual oleh pedagang pada malam hari. Beberapa pedagang ada yang menjual Sekoteng dengan cara berkeliling sambil membawa gerobak dan ada juga yang menetap di pinggir jalan.

Minuman ini memiliki cita rasa yang manis dan hangat. Perpaduan kacang tanah yang renyah dengan potongan roti tawar yang lembut semakin membuat minuman ini susah dilupakan. Jika ENDEUSiast ingin mengkonsumsi Sekoteng dan membuatnya sendiri ENDEUSiast bisa membeli Sekoteng dalam bentuk kemasan di supermarket.

4/ Ronde

Ronde merupakan minuman yang cukup populer di kalangan masyarakat. Ronde merupakan minuman tradisional khas Yogyakarta. Biasanya pedagang Ronde berjualan di pinggir jalan dan di sekitar alun-alun pada malam hari. Sebenarnya, Ronde merupakan pengembangan dari minuman tradisional China yang bernama Tāngyuán.

Ronde terbuat dari jahe, kacang tanah, roti tawar, kolang-kaling dan tepung ketan yang berisi gula Jawa. Setelah minum minuman ini, tentunya badan menjadi lebih segar dan hangat. Sama seperti Sekoteng, perpaduan renyahnya kacang dan lembutnya roti tawar membuat minuman ini sulit dilupakan.

Daftar minuman di atas bisa menjadi pilihan saat ENDEUSiast ingin menghangatkan badan di tengah dinginnya musim hujan.

Endeustorial

Ikuti Instagram