Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Siapa pecinta kopi? Minum kopi setiap hari mungkin terkesan biasa. Uniknya beberapa negara ternyata memiliki kebiasaan khas lho kala menikmati kopi.

Kopi telah menjadi salah satu gaya hidup bagi masyarakat Indonesia. Banyak yang memulai hari dengan minum kopi untuk memberikan suntikan semangat. Tak hanya itu, kopi juga menjadi sarana untuk menambah keakraban. Bagaimana dengan negara lain? Apakah sama? Mari kita intip kebiasaan negara lain dalam mengkonsumsi kopi.

1/ Italia

Sebagai negara yang melahirkan budaya minum kopi, Italia memiliki aturan baku saat minum kopi. Di pagi hari, orang Italia gemar mengkonsumsi espresso sembari berbincang dengan barista yang berada di meja bar. Espresso yang disajikan harus dikonsumsi dalam sekali teguk demi menjaga kualitas rasanya. Orang Italia juga tidak mengkonsumsi kopi dengan campuran susu setelah jam 11 siang, karena kopi campuran susu hanya dikonsumsi saat sarapan.

2/ Meksiko

Meksiko sendiri memiliki salah satu jenis kopi tersohor yakni cafe de olla . Apa yang membuat kopi ini berbeda? Kopi ini memiliki cita rasa unik karena ditambahkan kayu manis dan gula alami yakni piloncillo . Piloncilo adalah gula merah yang terbuat dari tebu, rasa manis dengan tekstur legit. Tak hanya itu, penyajiannya juga unik dengan menggunakan wadah dari tanah liat seperti teh poci khas Jawa Tengah.

3/ Ethiopia

Dikenal sebagai negara kelahiran biji kopi Arabica sekaligus salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Kopi menjadi minuman nasional negara ini. Mengolah biji kopi hijau mulai dari mencuci, sangrai, dan menumbuk cara tradisional masih dilakukan oleh penikmat kopi di sana . Lalu diseduh dalam teko tanah liat disebut Gebena sambil dihangatkan . Selain itu camilan pendamping kopi wajib hadir seperti berondong jagung atau chickpeas.

4/ Vietnam

Kopi tetes Vietnam sangat terkenal di Indonesia. Orang Vietnam mengkonsumsi kopi dengan menyeduhnya di dalam alat khusus berbentuk topi yang terbuat dari baja anti karat yang disebut phin . Alat ini diisi bubuk kopi kemudian diletakkan di atas mulut gelas. Kopi diseduh dengan air panas sehingga meneteskan di dalam gelas berisi kental manis dan es batu. Ada beberapa varian menikmati kopi Vietnam, misalnya ditambahkan campuran yoghurt, kuning telur ayam, hingga kacang mete.

5/ Brazil

Sebagai negara produsen kopi terbesar di dunia, membuat kopi sebagai minuman yang sangat terjangkau harganya. Karena dibudidaya di dataran yang lebih rendah daripada rata-rata kopi ditanam, biji kopi Brazil cenderung lebih pahit. Orang Brazil cenderung menikmati kopi hitam, jarang yang menambahkan campuran seperti susu atau dibuat seperti minuman es. Oleh karena itu kopi atau Cafezinho dinikmati dalam gelas espresso kecil dengan gula yang sangat banyak.

6/ Indonesia

Kopi bagi masyarakat Indonesia sudah menjadi identitas dan gaya hidup. Kopi sangat melekat dalam kehidupan masyarakatnya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah warung kopi yang berada di pinggir jalan dan tak pernah sepi pembeli. Banyak varian yang tak kalah unik baik dari penyajian hingga campuran yang dimasukan didalamnya. Ada kopi yang dicampur dengan gula merah di beberapa daerah Sumatera, hingga arang panas di Yogyakarta. Ada juga memanfaatkan kopi untuk membuat hidangan yang lezat, seperti Es Kopi Jeli dan Puding Lapis Moka

Kopi sendiri juga dijadikan sarana untuk berinteraksi, karena mampu menambah akrab suasana dan kopi juga bisa dijadikan sarana untuk mencari inspirasi. Adakah ENDEUSiast yang harus minum kopi untuk mendapatkan inspirasi? Apa kopi favoritmu?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.