Nggak perlu ninggalin kopi di bulan Ramadan. Ini dia cara cerdas minum kopi saat tengah berpuasa.

Bagi yang doyan kopi, melewatkan satu hari tanpanya itu rasanya berat banget. Seperti ada yang kurang di hari tersebut tanpa ada asupan kafein yang masuk. Lalu gimana cara menikmati kopi ketika sedang berpuasa seperti sekarang ini? Bagaimana caranya agar tetap bisa menikmati kopi sambil menjalankan ibadah puasa?

Sebenarnya minum kopi di waktu tidak puasa (sehabis Magrib) nggak masalah. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk tetap bisa menikmatinya. Agar puasa tetap lancar, yuk kita bahas lebih dalam lagi.

Yang pasti jangan minum kopi ketika perut kosong. Apalagi untuk membatalkan puasa. Karena ini cukup berbahaya bagi badan kita. Pastikan minum kopi setelah berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan lain terlebih dahulu seperti takjil misalnya, baru minum kopi.

Salah satu akibat yang bisa terjadi oleh kopi ketika perut kosong adalah asam lambung; karena kopi memiliki acidity atau tingkat asam. Ketika masuk ke dalam tubuh bisa meningkatkan asam lambung menjadi naik. Jadi sebaiknya hindari minum kopi ketika perut kosong.

Lalu bagaimana kalau kopi diminum pas sahur? Ini juga perlu dihindari. Karena kopi merupakan jenis minuman diuretik, yaitu bisa membuat orang yang meminumnya akan lebih banyak buang air kecil.

Siapa sangka, ternyata teh juga termasuk dalam jenis minuman diuretik. Jadi ini juga bisa dihindari untuk tidak mengonsumsi kopi dan teh pas sahur. Karena bisa berakibat dehidrasi dengan kurangnya cairan di dalam tubuh.

Udah tau bagaimana baiknya menikmati kopi di bulan Ramadan tanpa harus meninggalkan puasa? Jangan sampai ibadah puasa terganggu dengan adanya penyakit yang bisa kita hindari.

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.