Minum Kopi bagi Penderita Asam Lambung
Minum Kopi bagi Penderita Asam Lambung

Berikut tips nyaman untuk menikmati kopi bagi penderita asam lambung.

Kopi memang tidak disarankan untuk diminum bagi para penderita asam lambung. Berikut tips nyaman untuk menikmati kopi bagi penderita asam lambung.

Bagi masyarakat urban, kebiasaan minum kopi adalah syarat memulai hari di pagi hari dan obat anti ngantuk menjelang sore. Akan tetapi kebiasaan ini sulit dilakukan bagi orang yang memiliki masalah asam lambung, atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Beberapa orang beranggapan bahwa hal yang membuat penderita asam lambung tidak boleh minum kopi adalah keasaman kopi, padahal tingkat keasaman kopi rata-rata hanya pH 5. Hal yang sebenarnya mengakibatkan kopi tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah kandungan zat yang ada di dalamnya. Kopi mengandung asam klorogenik dan kafein yang merangsang produksi asam lambung.

Meskipun kandungan kopi dapat merangsang produksi asam lambung, kopi tetap boleh diminum bagi penderita asam lambung. Berikut ini adalah tips bagi penderita asam lambung yang tetap ingin menikmati minum kopi.

1/ Seduh Manual

Bagi pecinta kopi, metode seduh manual atau manual brew tentunya sudah tidak asing lagi. Metode ini menyeduh kopi dengan filter penyaring kopi secara manual. Filter tidak hanya berfungsi membuat karakter asli kopi keluar, namun juga membuat kopi menjadi lebih ringan karena proses ekstraksi. Oleh sebab itu, metode ini cukup aman bagi para penderita asam lambung.

2/ Minum Kopi Segar

Bagi yang memiliki asam lambung, sebaiknya membeli kopi dari olahan asli biji kopi. Kopi yang segar merupakan kopi yang tidak dicampur dengan beraneka bahan sehingga yang diseduh dan dinikmati adalah kopi yang sebenar-benarnya, bukan minuman lain yang dicampur dengan bubuk kopi.

3/ Tidak Minum Kopi Berlebihan

Orang yang memiliki masalah asam lambung memang bisa menikmati lezatnya kopi namun jangan sampai ENDEUSiast meminumnya secara terus-terusan. Sesuatu yang dikonsumsi terlalu banyak pasti tidak baik. Untuk mengkonsumsi suatu makanan atau minuman ENDEUSiast harus memiliki batasan.

Sebenarnya batasan seseorang minum kopi tergantung pada masing-masing individu. Karena kemampuan tubuh seseorang untuk menerima kafein berbeda-beda. Akan tetapi, menurut penelitian, batas untuk mengkonsumsi kafein yaitu 100-200 mg atau dibawah 300 mg setiap hari. Satu gelas kopi biasanya mengandung 100 mg kafein. Oleh sebab itu maksimal dalam sehari ENDEUSiast hanya diperbolehkan minum 3 gelas.

4/ Minum Kopi Setelah Makan

Kopi merupakan salah satu minuman yang dapat mengurangi emosi . Bagi para pecinta kopi terkadang minum kopi tidak ada aturannya. Jika kita sedang ingin minum kopi, maka kita minum kopi. Beberapa orang minum kopi di pagi hari bahkan ada yang tidak sarapan dan hanya minum kopi saja lalu berangkat kerja atau memulai aktivitas.

Bagi orang yang memiliki gangguan asam lambung, sebaiknya mengkonsumsi kopi setelah makan. Minum kopi saat kondisi perut kosong dapat menyebabkan asam lambung meningkat hingga menimbulkan perut melilit atau rasa mual karena asam lambung akan naik hingga kerongkongan.

Endeustorial

Ikuti Instagram