Puding adalah hidangan semua umat. Sayangnya, tekstur puding yang cenderung berair membuat puding terasa tak sedap. Lalu bagaimana menyiasatinya?

Siapa yang tak suka puding. Hidangan yang satu ini selalu menjadi penganan penutup yang sempurna setelah makan besar. Pembuatan puding pun cukup mudah, karena saat ini telah banyak dijual puding instan yang cukup dimasak sebentar saja. Dengan adanya puding instan ini, nampaknya siapapun bisa membuat puding.

Dengan tekstur yang berair dan kenyal, ternyata membuat puding rentan lembek dan berair. Penyebab utama mengapa puding ini berair biasanya karena puding dibiarkan terlalu lama setelah selesai dibuat. Untuk menghindari hal ini terjadi ada beberapa cara yang bisa dilakukan

Mengurangi Takaran Air

Biasanya jika ENDEUSiast membeli puding instan yang dijual di pasaran telah tertera cara memasak dan takaran air yang dibutuhkan di balik kemasan. Nah, jika dalam kemasan ENDEUSiast diharuskan menambahkan air 600 ml pada puding, ENDEUSiast bisa mengurangi takarannya menjadi 500 ml saja untuk membuat tekstur puding kental dan tak mudah berair.

Segera Dikonsumsi Setelah Dibuat

Sebaiknya ENDEUSiast membuat puding setidaknya tiga jam sebelum dihidangkan. Hal ini berguna untuk memastikan puding yang ENDEUSiast buat masih fresh. Jika puding dibiarkan terlalu lama untuk disajikan, maka puding akan beresiko lembek dan berair. Buatlah puding secukupnya saja untuk tamu yang hadir atau keluarga.

Biarkan Mengeras Sendiri

Saat adonan puding telah selesai dibuat dan masih panas, maka biarkan adonan mengeras dengan sendirinya. Hindari meletakkannya di dalam lemari es. Meletakkan puding di dalam lemari pendingin hanya akan menyebabkan permukaan puding berair dan suhu lemari es hanya akan menyebabkan terjadinya perubahan suhu yang mendadak. Puding panas yang langsung ditutup juga akan menyebabkan uap panas menempel di tutup dan membuat puding berair.

Menutup Puding yang Telah Dingin

Saat masih panas, sebaiknya puding memang tidak ditutup, karena hanya akan membuat permukaannya berair, namun saat puding telah dingin ENDEUSiast bisa menggunakan plastik wrap untuk menutup puding yang telah dingin dan tak beruap lagi sebelum memasukkannya dalam kulkas.

Jangan Menyimpan Terlalu Lama di Kulkas

Untuk menjaga puding agar tetap fresh, maka sebaiknya segera sajikan puding setelah jadi dan dimasukkan ke dalam kulkas. Segera konsumsi puding. Saat memutuskan untuk menyimpan puding di dalam kulkas, ENDEUSiast bisa menyimpannya antara dua hingga tiga jam. Hindari menyimpan puding di dalam lemari es berhari-hari agar tak berair.

Itulah cara membuat puding agar tidak mudah berair. Dengan begitu, puding akan semakin menggugah selera. ENDEUSiast bisa membuat variasi puding unik, seperti Puding Sabun dan Puding Cokelat Kuburan .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.