Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Masakan untuk menu buka puasa terlalu manis? Tenang, jangan panik. Lakukan tips di bawah ini agar rasa manis berkurang.

Berbuka memang dianjurkan dengan yang manis. Tapi bagaimana kalau makanan yang telah disiapkan terlalu manis? Mengolah bahan makanan menjadi menu buka puasa.

Namun, terkadang masih aja ada kesalahan-kesalahan kecil yang nggak sengaja dilakukan, salah satunya adalah citarasa masakan yang jadinya terlalu manis.

Jika masakan terlalu manis justru hidangannya menjadi kurang enak disantap dan rasanya nggak pas dengan yang diinginkan. Akhirnya momen buka puasa menjadi kurang berkesan. Kesalahan ini bisa saja terjadi baik bagi pemula maupun yang sudah sering memasak. Meskipun dianggap hal yang wajar namun tetap saja kesalahan ini kalau bisa jangan sampai terjadi.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tenang, kita tetap bisa menyajikan masakan lezat untuk buka puasa dengan memperbaiki rasanya. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa manis pada masakan.

1. Menambahkan air

Untuk mengatasi rasa terlalu manis pada masakan, kita bisa menyiasatinya dengan cara menambahkan air. Mungkin ini adalah cara yang paling mumum. Dengan menuangkan air sedikit demi sedikit ke dalam masakan, jangan lupa untuk koreksi rasa masakan setelah dituangkan air agar rasanya bisa pas.

2. Menambah rasa asam atau pahit

Pada masakan, citarasa manis biasanya berlawanan dengan rasa asin. Meskipun kedua rasa tersebut bertolak belakang tetapi kamu tidak menggunakannya sebagai cara untuk mengurangi rasa kemanisan pada masakan. Rasa asin yang dihasilkan dari garam justru akan membuat rasa manis semakin bertambah.

Nah, maka untuk mengatasi rasa kemanisan, caranya adalah dengan menggunakan rasa asam atau pahit. Semisal kamu membuat sajian sop iga asam gurih , maka bisa menambahkan bahan yang dapat menghasilkan rasa asam seperti jeruk nipis, lemon atau cuka. Tambahkan sedikit demi sedikit dan pastikan untuk koreksi rasa sesudahnya.

3. Menambah rasa pedas

Selain rasa asam dan pahit, cara lain untuk menyeimbangkan rasa pada masakan yang kemanisan adalah dengan menambahkan bahan yang dapat menghasilkan rasa pedas. Bahan yang bisa kamu manfaatkan diantaranya adalah cabai, saus pedas atau paprika merah.

Namun, masukkan secara sedikit demi sedikit ya, bila ditambahkan terlalu banyak maka hasil rasanya akan berubah menjadi pedas.

4. Menambahkan jahe

Jahe memiliki rasa yang khas dengan sensasi hangatnya. Nah, kita juga bisa memanfaatkan jahe untuk mengurangi kemanisan pada masakan. Caranya bisa dengan digeprek atau dihaluskan sebentar lalu campurkan ke dalam masakan. Untuk penggunaannya bisa disesuaikan sendiri.

5. Menambahkan susu

Selanjutnya adalah dengan menambahkan susu. Produk susu seperti full cream biasa digunakan untuk keperluan memasak sebagai pengganti santan. Nah, kita juga bisa menggunakan susu jenis ini untuk memberikan keseimbangan rasa pada masakan yang terlalu manis.

Kini nggak perlu khawatir lagi ya bila masakan terlalu manis. Tetapi usahakan untuk selalu koreksi rasa pada saat memasak agar kesalahan seperti kemanisan ini tidak terjadi lagi.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya