Pilihan menu buka puasa penderita diabetes perlu diperhatikan agar badan tetap sehat dan kuat menjalani ibadah puasa

Semua umat muslim tentu tidak ingin melewatkan ibadah puasa Ramadan. Tak terkecuali para penderita diabetes. Pilihan makanan yang sehat dan aman saat berbuka perlu diperhatikan. ENDEUSiast tentu tidak ingin makanan yang dimakan malah membuat gula darah melonjak.

Tidak perlu khawatir tidak mampu menjalankan ibadah wajib ini. Kami telah merangkum 5 pilihan menu buka puasa khusus untuk penderita diabetes. Cobalah 5 menu ini, dijamin sehat dan aman.

1/ Kurma

Bagi penderita diabetes, kurma dapat membantu mengendalikan gula darah selama bulan puasa. Serat yang terkandung di dalamnya mampu memperlambat proses pencernaan sehingga gula darahmu tidak melonjak tinggi.

Ingat, ENDEUSiast perlu membatasi konsumsi kurma. Makanlah maksimal 3 buah kurma. Dalam satu butir kurma terdapat 5.3 gram karbohidrat. Jumlah karbohidrat yang aman bagi penderita diabetes adalah 15 gram. Oleh karena itu, 3 buah kurmah sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat penderita diabetes.

ENDEUSiast juga bisa memadukan kurma dengan buah lainnya seperti pisang. ENDEUSiast bisa mengolahnya menjadi smootie yang segar dan nikmat. Cobalah Resep Smootie Pisang Kurma .

2/ Nasi Merah

Selain kurma, nasi merah adalah makanan yang tepat untuk membantu memenuhi kebutuhan karbohidratmu. ENDEUSiast perlu memperhatikan porsi nasi merah yang ENDEUSiast makan. Terdapat 3 gram serat, 1.5 gram lemak, 3.4 gram protein, 3.5 kalori, 34.5 gram karbohidrat dalam 100 gram nasi merah.

Hindari makanan lain yang mengandung karbohidrat seperti kentang, mie, pasta, dan roti jika ENDEUSiast sudah memakan nasi merah.

3/ Greek Yogurt

Penderita diabetes boleh mengonsumsi produk olahan susu seperti yogurt. Pilihlah yogurt yang memiliki kandungan gula yang sedikit dan mengandung protein yang lebih banyak seperti greek yogurt.

Agar lebih nikmat, ENDEUSiast bisa mengonsumsi yogurt dengan kurma dan oats. Buatlah Resep Overnight Oats sebagai menu buka puasa. Selain sehat, sajian ini juga membuat badamu lebih segar.

4/ Sup Kacang

Kacang-kacangan sangat baik bagi penderita diabetes. ENDEUSiast dapat mengolah kacang menjadi sup untuk berbuka puasa. Makanan makanan hangat seperti sup kacang saat berbuka memiliki banyak manfaat.

Kacangan mengandung serat yang tinggi sehingga membantu tubuh untuk memperlambat proses penyerapan karbohidrat. Tentu saja ini dapat mengendalikan kadar gula darah penderita diabetes.

5/ Ikan Laut

Untuk lauk, ENDEUSiast bisa memilih ikan laut. Ikan laut seperti tuna dan salmon kaya akan omega-3 DHA dan EPA yang baik bagi kesehatan jantung. DHA dan EPA akan melindungi sel-sel pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan juga mengoptimalkan fungsi arteri.

Ikan laut dapat dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang. Hindari menggoreng ikan karena bisa menambah lemak dan kolesterol di dalam tubuhmu. ENDEUSiast juga bisa menyajikan ikan dengan sayur-sayuran seperti buncis atau wortel agar lebih sehat.

Beragam menu di atas dapat membantu penderita diabetes tetap makan sehat dan enak selama bulan puasa. Tetaplah mengurangi asupan gula tambahan dan makanan manis. Pilih makanan bebas gula atau mengganti gula dengan pemanis khusus rendah kalori untuk penderita diabetes. Selamat mencoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.