Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Beberapa sajian Nusantara berikut bisa dijadikan menu sarapan sehat sehari-hari. Yuk, simak inspirasinya.

Setiap negara mempunyai masakan khas yang biasa dimakan ketika sarapan. Di Indonesia, masakan untuk sarapan biasanya bukan makanan yang dimasak dengan proses yang rumit. Sebenarnya ada banyak masakan Indonesia yang bisa dimakan untuk sarapan yang sehat. Namun sebagian besar orang memilih makanan yang praktis meskipun nutrisinya tidak seimbang. Berikut ini beberapa masakan Indonesia yang bisa dimakan untuk sarapan yang sehat.

1/ Pecel

Pecel adalah salah satu masakan Indonesia dengan bahan dasar sayuran yang direbus dan disiram dengan bumbu kacang. Masakan yang satu ini adalah menu sarapan yang populer dan mudah ditemui dimana saja. Meskipun pecel termasuk masakan sehat untuk sarapan, namun ENDEUSiast perlu memperhatikan porsinya. Terlalu banyak nasi ataupun bumbu kacang akan membuat masakan yang satu ini tidak lagi sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, hindari juga lauk yang digoreng sebagai salah satu menu pendamping pecel.

2/ Bubur Manado

Selain nasi, bubur adalah salah satu masakan yang biasa dimakan ketika sarapan. Bubur mempunyai rasa yang gurih dan tekstur yang lembut sehingga membuat perut nyaman. Ada banyak jenis bubur yang bisa disantap untuk menu sarapan. Namun bubur yang paling bagus adalah bubur dengan banyak sayur atau dikenal juga dengan bubur Manado. ENDEUSiast bisa menambahkan berbagai macam sayuran untuk bubur Manado seperti kangkung, bayam, jagung, jamur, dan sebagainya. Selain sayur, tambahkan juga suwiran daging ayam sebagai sumber protein.

3/ Urap

Selain pecel, urap adalah salah satu masakan Indonesia yang cocok dikonsumsi ketika sarapan. Masakan yang satu ini berbahan dasar sayuran yang direbus dan kemudian dicampur dengan bumbu yang terbuat dari kelapa parut dan rempah-rempah. Sayur urap ini cocok dihidangkan dengan nasi putih dan lauk pauk. Kalau ENDEUSiast sedang berdiet, ENDEUSiast bisa menyantap urap sayur ini ketika sarapan tanpa nasi.

4/ Soto

Soto adalah salah satu masakan Indonesia yang populer sebagai menu sarapan. Masakan yang satu ini adalah jenis one meal bowl atau masakan yang lengkap dalam satu mangkok. Dalam satu mangkok terdiri dari nasi, daging, sayuran, dan juga kuah yang gurih. Ada banyak jenis soto yang bisa dikonsumsi sebagai sarapan, namun agar lebih sehat pilih soto yang tidak menggunakan santan.

5/ Sup Sayur

Sup sayur adalah salah satu masakan Indonesia yang populer untuk menu sarapan. Masakan yang satu ini sangat mudah dibuat dan menggunakan berbagai sayuran sesuai selera. Beberapa orang menambahkan irisan daging ayam atau bakso agar rasa sup semakin lezat. Masakan yang satu ini bisa dimakan dengan nasi ataupun hanya supnya saja.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya