Karena jenis dan kuantitas makanan yang dikonsumsi sangat berperan pada kebugaran tubuh selama menjalankan ibadah di bulan suci ini.

Berbagai makanan buka puasa favorit sudah tentu terlintas dalam benak selama bulan Ramadhan. Baik yang dibeli jadi atau dibuat di dapur sendiri, aneka sajian berbuka untuk memulihkan stamina tubuh selama berpuasa wajib berada dalam daftar menu, Karena jenis dan kuantitas makanan yang dikonsumsi sangat berperan pada kebugaran tubuh selama menjalankan ibadah di bulan suci ini.

Meskipun hampir seluruh makanan mengandung energi, beberapa jenis makanan mengandung kandungan gizi dan nutrisi yang akan memenuhi kebutuhan energi dan membantu meningkatkan stamina meskipun tubuh sedang dalam keadaan tanpa asupan makanan seharian. Berikut beberapa jenis makanan buka puasa yang dapat meningkatkan stamina tubuh:

1/ Pisang

Pisang yang mudah dijumpai di Negara beriklim tropis seperti Indonesia dikenal sebagai sumber nutrisi yang lengkap. Buah ini mengandung zat yang dapat meningkatkan energi seperti potassium, karbohidrat, dan vitamin B6. Tentunya tubuh akan segera merasakan manfaatnya apabila dikonsumsi pada saat berbuka puasa.

2/ Ubi Manis

Nikmat dan penuh nutrisi, ubi manis mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang dapat memenuhi kebutuhan energy tubuh seusai berpuasa seharian. Kandungan manganese di dalamnya juga bermanfaat untuk membantu pencernaan nutrisi pembentuk energi.

3/ Oatmeal

Sereal yang terbuat dari gandum utuh dikenal sebagai sumber energi yang mengenyangkan perut dalam jangka waktu lebih lama. Oatmeal juga mengandung serat, sehingga baik untuk sistem pencernaan tubuh selama berpuasa. Biji-bijian yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral ini akan menjadi teman berbuka yang baik untuk menjaga stamina.

4/ Alpukat

Selain rasanya yang lezat, si hijau yang kaya manfaat ini juga dapat menyegarkan tubuh dengan kandungan lemak nabati dan serat yang ada di dalamnya. Alpukat terbukti dapat mengoptimalkan kadar lemak dalam darah sehingga penyerapan zat gizi oleh tubuh lebih maksimal. Buah ini terdiri dari 80% karbohidrat yaitu sumber tenaga yang diperlukan tubuh, jadi tidak perlu ragu untuk menghadirkannya dalam makanan buka puasa.

Jika ENDEUSiast bosan dengan rasa alpukat yang begitu-begitu saja, ENDEUSiast bisa mencoba membuat Alpukat Goreng ataupun Puding Coklat Alpukat .

5/ Kacang-kacangan

Siapa sangka teman ngemil yang sesuai untuk berbagai suasana ini juga bermanfaat untuk memulihkan energi setelah berpuasa? Hampir seluruh kacang-kacangan merupakan sumber kalori dan karbohidrat yang tinggi, seperti kacang tanah, kacang mete, dan almond.

Selain itu, kacang juga dikenal mengandung protein dan lemak nabati yang baik bagi tubuh. Apabila dikonsumsi pada saat berbuka, antioksidan dan vitamin yang terdapat di dalamnya akan membantu meningkatkan energi dan mengurangi rasa kelelahan.

Masih banyak lagi jenis makanan buka puasa yang wajib ada dalam menu untuk meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh. Tidak hanya yang mengandung karbohidrat dan protein, beberapa di antaranya juga mengandung vitamin, mineral dan zat antioksidan yang membantu tubuh memerangi radikal bebas. Mari berbuka dengan asupan yang tidak hanya lezat namun juga menyehatkan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.