JIka menu buka puasa ENDEUSiast kebanyakan hanya ayam atau daging, bisa juga mencoba hidangan ini!

Selama bulan puasa bosan dengan menu makanan daging atau ayam? Nah ENDEUSiast bisa beralih dengan memilih bahan olahan ikan. Salah satunya adalah ikan tongkol. Ikan tongkol memiliki ciri khas daging yang empuk dan gurih. Maka tidak heran bila bahan olahan ikan tongkol ini menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia. Bahkan ada banyak restoran yang menyajikan menu ikan tongkol. Salah satu menu masakan yang menggunakan bahan ikan tongkol adalah ikan tongkol kuah kuning.

Tongkol masak kuah sangat cocok dihidangkan untuk buka puasa nanti. Bila ENDEUSiast masih bingung bagaimana cara membuat ikan tongkol kuah yang enak, mari kita simak resep cara membuat ikan tongkol kuah.

Bahan-bahan Ikan Tongkol Masak Kuah:

1 ekor ikan tongkol yang sudah dipotong

2 buah jeruk nipis

1 sendok teh garam

2 lembar daun jeruk

2 lembar daun salam

1 batang daun bawang

1 batang daun serai

lengkuas (memarkan)

1 buah tomat

Minyak goreng secukupnya

air putih secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

Cabe rawit merah sesuai selera

6 siung bawang merah

4 siung bawang putih

Kunyit

Ketumbar

Kemiri

Cara membuat Ikan Tongkol Masak Kuah:

Pertama, cuci bersih ikan tongkol lalu peras jeruk nipis dan taburkan garam di atasnya untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Diamkan sebentar. Sembari menunggu, ENDEUSiast bisa membuat bumbu halus sesuai dengan list yang telah disebutkan di atas.

Siapkan wajan yang telah diberikan minyak lalu panaskan hingga benar-benar merata. Cuci ulang lagi ikan tongkolnya untuk menghilangkan garam dan sisa air dari jeruk nipis. Jika minyak sudah matang, ENDEUSiast bisa mulai menggoreng ikannya sampai matang berwarna coklat. Setelah matang, angkat dan letakkan di wadah terlebih dahulu.

Tahap kedua adalah panaskan kembali wajan dengan minyak sedikit untuk menumis bumbu halusnya. Masukkan daun jeruk, salam, lengkuas dan 1 batang sereh yang sudah dimemarkan. Tumis hingga bau harum lalu masukkan air secukupnya dan ikan tongkol yang telah digoreng tadi. Masukkan bumbu lainnya seperti garam, penyedap dan gula sesuai selera. Aduk hingga semua bumbu tercampur merata dan diamkan hingga matang.

Setelah matang, angkat dan sajikan masakan ini ke mangkuk atau piring. Ikan tongkol masak kuah siap untuk disantap ketika buka puasa nanti.

Bagaimana? Mudah kan dalam membuat masakan ikan tongkol kuah? ENDEUSiast bisa membuat menu berbahan ikan tongkol lainnya, seperti Ikan Tongkol Kuah Pedas , Pepes Merah Ikan Tongkol , atau Tongkol Suwir Mercon .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.