Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Mood yang buruk saat puasa dapat diatasi dengan makanan buka puasa yang sehat, bukan dengan mengonsumsi makanan tinggi gula.

Suasana hati siapa yang tahu ya. Apalagi saat puasa begini. Bisa saja rasa sedih datang melanda tanpa diundang, Jika begini, siapkan makanan buka puasa yang sehat. Hindari mengonsumsi makanan tinggi gula untuk membangkitkan mood.

Mengonsumsi makanan manis memang nggak salah, namun jika porsinya berlebih makanan manis ini justru berdampak buruk bagi tubuh. Tubuh bisa terancam terkena penyakit yang diakibatkan oleh gula yang berlebihan, diantaranya diabetes.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan galau dan memperbaiki mood dengan tepat? Jangan khawatir, karena ada makanan sehat yang bisa dikonsumsi dan membantu memperbaiki mood, di antaranya :

1. Ikan Berlemak

Asam lemak dan omega 3 adalah sekelompok lemak esensial yang harus kita dapatkan melalui makanan, karena tubuh kita tidak dapat memproduksinya sendiri. Asam lemak dan omega 3 bisa didapatkan melalui konsumsi ikan tuna dan salmon yang kaya akan DHA (Docosahexaenoic) dan EPA (Eicosapentaenoic) yang dikaitkan dengan tingkat depresi lebih rendah.

Tidak ada dosis yang pasti untuk mengonsumsi ikan, namun beberapa ahli berpendapat bahwa orang dewasa membutuhkan setidaknya 250-500 mg EPA dan DHA per harinya (setara dengan 100 gram salmon)

Coba deh buat resep Endeus berikut ini untuk berbuka:

Resep Sandwich Tuna

Resep Tuna Goreng Saus Kemiri

2. Black Chocolate

Bukan rahasia umum jika cokelat dapat membantu suasana hati menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid yang mampu meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga mengurangi terjadinya peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan otak. Cokelat juga memiliki rasa, tekstur, dan bau yang membantu meningkatkan mood .

Untuk meningkatkan mood , disarankan mengonsumsi cokelat hitam yang tinggi flavonoid dan rendah gula. Hindari cokelat susu karena cokelat susu cenderung mengandung bahan tambahan, seperti gula dan lemak.

Coba deh esep Endeus menggunakan cokelat untuk berbuka.

Resep Choco Banana Monkey Bread

Resep Bola Biskuit Cokelat

3. Pisang

Kandungan B6, gula alami, dan prebiotik dalam pisang membantu kadar gula tubuh stabil dan suasana hati menjadi lebih baik.

Konsumsi buah pisang dengan warna kehijauan pada kulitnya. Warna ini menandakan banyaknya kandungan sumber prebiotik pada pisang dan membantu memberi makan bakteri sehat pada usus. Usus yang sehat juga membantu membuat mood lebih baik.

Coba resep Endeus untuk berbuka berikut ini:

Resep Banana Chocolate Smoothies

Resep Sate Pisang Nugget

4. Oat

Selain sehat, gandum utuh (oat) dapat dinikmati dalam beragam bentuk olahan. Oat adalah sumber serat yang sangat baik, dengan kandungan 8 gram dalam satu cangkir.

Serat dalam oat membantu memperlambat pencernaan karbohidrat dan memungkinkan terjadinya pelepasan gula secara bertahap ke dalam aliran darah untuk membuat energi tetap stabil sepanjang hari.

Serat dalam oat dapat membantu kadar gula darah tetap stabil. Dengan stabilnya gula darah, maka suasana hati pun juga lebih terkontrol. Menurut sebuah studi, dengan mengonsumsi 1,5-6 gram serat saat sarapan membantu suasana hati dan energi lebih baik.

Coba resep Endeus dengan oat berikut ini:

Resep Pancake Sehat Oatmeal

Resep Bubur Sehat Oatmeal Pisang

Home
Pencarian
Profil
Lainnya