Mengolah Sisa Kopi Menjadi Makanan dan Minuman Lezat
Mengolah Sisa Kopi Menjadi Makanan dan Minuman Lezat

Jika ada sisa kopi yang sudah ENDEUSiast seduh jangan dibuang, karena dapat diolah menjadi bahan makanan dan minuman yang lezat.

Jika ada sisa kopi yang sudah ENDEUSiast seduh jangan dibuang, karena dapat diolah menjadi bahan makanan dan minuman yang lezat.

Kopi sering disajikan pada acara-acara tertentu atau untuk menyambut tamu. Selain itu, kita pun sering minum kopi hanya untuk bersantai, karena kopi termasuk minuman yang dapat mengurangi emosi .

Terkadang kopi yang sudah kita seduh tidak habis diminum sehingga terdapat sisa. Jangan langsung buang kopi yang sisa tersebut, karena dapat ENDEUSiast manfaatkan untuk diolah menjadi bahan makanan atau minuman yang enak

1/ Bumbu Oatmeal

Jika ENDEUSiast memiliki sisa kopi pada saat sarapan, jangan buang sisa kopi tersebut. Sisa kopi saat sarapan bisa digunakan untuk campuran oatmeal, supaya rasa oatmealmu tidak hanya itu-itu saja. Cara membuat oatmeal dengan sisa kopi cukup mudah. ENDEUSiast tinggal menggunakan air kopi untuk memasak oatmeal. Aroma dan kandungan kafein pada kopi akan diserap oleh oatmeal. Oleh sebab itu, oatmeal ENDEUSiast akan memiliki rasa kopi yang lezat dan aroma yang harum.

2/ Es Krim

Menyantap kopi dalam keadaan dingin? Kenapa tidak? Saat cuaca sedang terik kita pasti ingin makan sesuatu yang dingin. Kini ENDEUSiast bisa membuat es krim yang lembut dan lezat dari sisa kopi. Cara membuat es krim kopi sama dengan membuat es krim pada umumnya hanya saja cukup tambahkan sisa kopi yang tidak habis diminum dan susu.

3/ Es Batu

Apakah ENDEUSiast suka minum kopi dalam keadaan dingin? Jika iya, ENDEUSiast bisa membuat es kopi ditambah dengan es batu yang terbuat dari kopi juga. Dijamin jika ENDEUSiast menambahkan es batu ini maka es kopi ENDEUSiast akan semakin lezat. Cara membuat es batu dari sisa kopi cukup mudah yaitu tuangkan sisa kopi kedalam cetakan es, lalu bekukan dalam freezer.

4/ Bahan Marinasi Daging

Kopi memiliki aroma dan rasa yang khas. Oleh sebab itu kopi dapat digunakan untuk marinasi daging. Untuk membuat marinasi daging, sisa kopi dimasukan ke dalam wadah lalu tambahkan cincangan bawang putih atau bawang bombai dan soy sauce atau cuka balsamic. Kopi dapat digunakan untuk marinasi semua jenis daging khususnya untuk daging sapi yang akan dibuat steak. Maka steak yang dihasilkan akan memiliki sedikit rasa asam pahit dari kopi dan aroma khas kopi yang harum.

5/ Campuran Cokelat Panas

Cokelat panas merupakan minuman yang banyak diminum selain kopi. Apakah ENDEUSiast suka membeli mocca di cafe? Kini jika ENDEUSiast ingin minum mocca, ENDEUSiast bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya cukup mudah yaitu buatlah cokelat panas lalu campurkan sisa kopi yang ada. Dijamin minuman mocca buatan ENDEUSiast tidak kalah lezat dengan yang ada di cafe.

6/ Tiramisu

Kue dengan rasa tiramisu merupakan kue yang banyak digemari orang-orang. Cara membuat tiramisu yaitu dengan menggunakan kopi yang diseduh. Jika ENDEUSiast memiliki sisa kopi maka ENDEUSiast bisa memanfaatkannya untuk membuat tiramisu. Tentunya hal ini dapat mempercepat proses pembuatan tiramisu karena ENDEUSiast tidak perlu lagi menyeduh kopi.

Endeustorial

Ikuti Instagram