Gulai kepala ikan adalah salah satu menu yang populer di rumah makan Padang. Berikut ini tips sukses membuat gulai kepala ikan.

Selain bagian badan, kepala ikan adalah salah satu bagian yang juga bisa diolah menjadi makanan lezat. Gulai kepala ikan adalah salah satu menu yang cukup populer di restoran Padang.Menu yang satu ini banyak digemari orang karena meskipun menggunakan bagian kepala ikan namun masih terdapat banyak daging yang bila dipadukan dengan bumbu menjadi sangat sedap.

Membuat gulai kepala ikan bukan hal yang susah, ENDEUSiast bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1/ Pilih Jenis Ikan

Tidak semua jenis ikan bisa diolah bagian kepalanya untuk menjadi gulai. Ikan yang cocok diolah menjadi gulai adalah kepala ikan yang berukuran besar seperti ikan kakap, tuna, tonkol, dan tenggiri. Rata-rata ikan dengan kepala besar mempunyai banyak daging dibagian kepalanya dan bisa menyerap bumbu dengan sempurna.

Agar rasa gulai tetap lezat, usahakan untuk menggunakan ikan yang masih segar. Ikan dalam keadaan segar tidak menimbulkan bau amis dan rasanya lebih gurih.

2/ Bersihkan Kepala Ikan dengan Benar

Salah satu kunci kelezatan gulai kepala ikan terletak pada cara membersihkan kepala ikan tersebut. Cara membersihkan kepala ikan yang benar adalah dengan membelak kepala ikan menjadi dua, kemudian bersihakn kotoran pada bagian depan dan kepala ikan.

Buang bagian garis kehitaman yang terdapat pada kepala bawah ikan karena bagian ini menyebabkan ikan menjadi amis. Bila perlu, usap bagian kehitaman tersebut dengan tissue dapur agar benar-benar bersih.

3/ Cuci Ikan dengan Jeruk Nipis

Agar ikan benar-benar bersih dan tidak amis, ENDEUSiast bisa mencuci ikan dengan jeruk nipis dan garam. Jeruk nipis membantu menghilangkan bau amis dan bau tidak sedap pada ikan. ENDEUSiast bisa menggunakan cuka bila tidak ada jeruk nipis. Diamkan ikan dalam larutan jeruk nipis dan garan selama 15 menit kemudian cuci lagi ikan hingga bersih.

4/ Siapkan Bumbu Rempah-Rempah

Gulai ikan memang lebih lezat bila menggunakan bumbu rempah-rempah yang banyak. Gunakan bumbu rempah seperti tertera pada resep gulai kepala ikan dan jangan ada yang terlewat. Bila perlu gunakan bumbu yang masih segar daripada bumbu bubuk atau kering karena aromanya lebih kuat yang segar.

5/ Masak Kepala Ikan Sebentar Saja

Kepala ikan memang mudah hancur bila dimasak. Sehingga perlu dimasukkan dalam tahapan yang paling akhir karena memang sangat mudah matang. Pastikan semua bumbu sudah matang sempurna dan tidak ada aroma bumbu mentah sebelum memasukkan kepala ikan. Setelah kepala ikan masuk, gulai jangan terlalu banyak diaduk agar tidak hancur dan bentuknya tetap bagus.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.