Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Sajian buka puasa nggak harus daging, kita juga bisa memanfaatkan jeroan sapi yang nggak kalah endeus ini.

Apa sajian buka puasa favorit kalian? Selain daging sapi, jeroannya pun juga nggak kalah enak buat dicoba untuk menu buka puasa.

Namun, bagi kita yang bosan dengan sajian dari olahan daging, bisa mencoba bagian lainnya lagi seperti jeroan sapi. Rasanya juga nggak kalah enak dari rendang. Beberapa jenis jeroan sapi yang bisa diolah di antaranya adalah paru, hati, usus, limpa hingga babat. Masing-masing juga memiliki aroma khas sehingga diperlukan teknik khusus dalam proses pengolahannya.

Jeroan sapi terkenal dengan aroma bau yang menyengat bila dibandingkan dengan dagingnya. Maka untuk menghilangkan baunya disarankan untuk merebus dua hingga tiga kali dengan air yang terus diganti. Masukkan juga potongan jahe, lengkuas dan daun salam untuk menghilangkan aromanya.

Kalau kita udah mengerti cara membersihkan jeroan dan menghilangkan aromanya, kini bisa melihat berbagai aneka olahan masakan untuk buka puasa dari jeroan sapi. Apa saja itu? Berikut di bawah ini selengkapnya.

1. Paru goreng

Di antara dari sekian banyak jeroan, paru sapi yang paling banyak disukai banyak orang. Rasanya yang gurih tersebut tentu harus melewati proses pengolahan khusus. Perlu diketahui bahwa paru sapi yang masih segar memiliki banyak kandungan air dan darah. Maka dari itu harus direbus terlebih dahulu agar jeroan tersebut menjadi empuk dan bersih.

Tetapi sebelum direbus kita harus mencuci paru dengan air bersih ya. Barulah direbus dengan bahan rempah lainnya. Jika sudah mendidih dan dirasa empuk, kita bisa langsung tiriskan dan lalu potong paru melintang serat. Bagi kita yang penasaran dengan olahan paru goreng, bisa melihat resep kreasi masakan paru goreng cabai hijau ini.

2. Babat gongso

Sajian jeroan yang satu ini merupakan makanan khas Semarang. Babat gongso memiliki citarasa yang gurih namun cenderung manis. Lebih nikmat bila disantap dengan nasi hangat. Nah, untuk membuatnya, kita harus merebus babat terlebih dahulu hingga empuk. Lalu potong-potong sesuai selera. Sebaiknya potongannya jangan terlalu besar ya.

Siapkan juga bumbu putih yang telah dihaluskan. Tumis bersama daun serai, daun jeruk, daun salam, jahe dan lengkuas. Masukkan babat dan masak hingga matang dan tercium aroma harum dari tumisan babat gongso ini.

3. Bacem jeroan sapi

Mungkin selama ini kita hanya mengolah bacem dari bahan dasar tahu dan tempe. Tetapi bila kita ingin yang berbeda, bisa mengganti bahannya yaitu menggunakan jeroan sapi. Rasanya yang gurih legit mampu menggugah selera bagi kita penggemar jeroan.

Perlu diingat bahwa jeroan sapi seperti iso dan babat harus direbus terlebih dahulu dua hingga tiga kali agar baunya hilang. Kita juga perlu mengikat tiap ujung iso dengan tali agar ketika direbus isinya tidak mudah keluar.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya