Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Buah tak hanya segar saat disantap langsung. Buah juga segar jika diolah menjadi sajian seperti berikut.

Masakan dengan buah memang bukan hal yang umum. Faktanya buah memang lebih sering dimakan secara langsung atau diolah menjadi kudapan manis. Namun ada beberapa buah yang dijadikan masakan dengan rasa yang lezat. Meskipun terdengar aneh tetapi masakan dengan buah berikut ini mempunyai rasa yang sedap dan sangat cocok dihidangkan dengan nasi. Berikut ini beberapa masakan dengan buah yang rasanya segar dan bikin ketagihan.

1/ Rujak Kuah Pindang

Rujak kuah pindang adalah salah satu makanan khas Bali dengan bahan utama buah-buahan. Masakan yang satu ini sekilas terlihat mirip dengan rujak buah karena menggunakan bermacam-macam buah seperti mangga muda, pepaya mengkal, nanas, bengkuang, dan sebagainya. Yang membedakan rujak kuah pindang dengan rujak buah pada umumnya adalah kuah yang digunakan. Rujak kuah pindang menggunakan kuah dari kaldu ikan yang sudah dicampur dengan gula, garam, cuka, terasi, dan cabai. Rasa rujak kuah pindang ini sangat manis, gurih, dan ada rasa umami dari kaldu ikan.

2/ Pacri Nanas

Pacri nanas adalah salah satu masakan khas Melayu, terutama daerah Sumatera. Makanan yang satu ini hampir mirip dengan sambal nanas, hanya saja menggunakan lebih banyak rempah-rempah dengan aroma kuat. Pacri nanas ini bisa disajikan dengan nasi putih, nasi lemak, atau nasi kebuli.

3/ Tempoyak

Salah satu buah yang mungkin tidak terpikir untuk ditambahkan dalam masakan adalah durian. Namun di Sumatera, durian biasa ditambahkan untuk masakan yang disebut dengan tempoyak. Tempoyak adalah durian yang sudah difermentasi sehingga aromanya sudah tidak sama dengan durian segar. Masakan yang satu ini bisa disajikan langsung dengan nasi putih atau digunakan sebagai campuran sambal, balado, pepes, ataupun dibuat campuran masakan berkuah.

4/ Sup Ikan Kelapa Muda

Masakan dengan kelapa muda sudah mulai banyak ditemukan diberbagai tempat makan. Rasa air kelapa yang manis dan segar alami bisa membuat rasa kuah kaldu sup menjadi lebih lezat. Selain itu, daging kelapa muda yang gurih membuat sup ikan menjadi semakin lezat. Bagian batok kelapa juga bisa digunakan sebagai alternatif pengganti mangkok.

5/ Acar Nanas

Nanas adalah salah satu buah yang paling sering ditambahkan pada masakan. Selain pacri nanas, buah yang satu ini juga bisa gunakan sebagai acar nanas. Rasa manis dan asam dari nanas membuat acar menjadi lebih segar. ENDEUSiast bisa memadukan nanas dengan mentimun, bengkuang, dan juga wortel. Acar nanas ini lebih cocok disajikan untuk makanan dengan bumbu yang kuat sebagai penetral rasa. Rasa acar nanas yang manis dan asam serta teksturnya yang renyah membuat acara makan menjadi lebih seru.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya