Mengolah Ampela Ayam agar Tidak Bau Amis
Mengolah Ampela Ayam agar Tidak Bau Amis

Mengolah ampela ayam memang memiliki tekniknya tersendiri. Salah cara malah akan menimbulkan bau amis yang tak sedap. Yuk pelajari caranya! (Dok. Shutterstock)

Mengolah ampela ayam memang memiliki tekniknya tersendiri. Salah cara malah akan menimbulkan bau amis yang tak sedap. Yuk pelajari caranya!

Ayam jadi salah satu makanan yang digemari oleh banyak masyarakat Indonesia, tidak hanya bagian daging, tapi juga jeroan atau dalaman. Salah satu yang jadi favorit, yaitu ampela. Ampela memang sering diolah menjadi makanan khas Indonesia yang lezat. Keunikan dari ampela adalah teksturnya yang kenyal dan itulah yang paling banyak disukai.

Namun, ketika memasaknya diperlukan cara pengolahan yang tepat agar ampela ayam tidak menimbulkan bau amis. Makanan yang tercium bau amis akan menurunkan selera makan kita. Maka dari itu mari simak cara mengolah ampela ayam yang tepat agar tidak bau ketika diolah.

1/ Memilih Ampela yang Segar

Segala bahan yang segar pasti tidak akan menimbulkan bau. Begitu juga pada ampela ayam. ENDEUSiast harus memilih ayam ampela yang berkualitas bagus dan masih segar. ampela berkualitas baik adalah yang tidak memiliki noda dan tidak menimbulkan bau yang menyengat.

2/ Mencuci Ampela Ayam

Sebelum diolah, ayam ampela harus dicuci bersih terlebih dahulu. Cucilah di air kran yang mengalir. Itu menjadi salah satu cara untuk menghilangkan bau amis dari ampela. Pada saat dicuci, potong ampela dan bersihkan kotorannya. Selain itu hilangkan juga kulit ari yang berwarna kuning karena disitu tempat menampung kotoran ayam. Cuci bersih ampela hingga semua kotoran hilang.

3/ Menggunakan Air Perasan Jeruk Nipis

Aroma amis terkadang masih menempel meskipun sudah dicuci bersih. Maka, untuk benar-benar menghilangkannya, gunakanlah air perasan jeruk nipis. Setelah dicuci, letakkan ampela di sebuah wadah lalu peras beberapa jeruk nipis dan biarkan selama beberapa menit. Tunggu hingga air perasan jeruk nipis menyerap ke dalam ampela ayam.

Selain dapat menghilangkan bau, air perasan jeruk nipis juga dapat memberikan aroma wangi pada ampela ayam. Sehingga bisa membuat citra rasa ampela semakin lezat meskipun belum dimasak.

4/ Didihkan Menggunakan Daun Jeruk dan Jahe

Ampela ayam memang sudah memiliki tekstur yang kenyal tetapi untuk membuatnya menjadi empuk, ENDEUSiast harus direbus terlebih dahulu bersama dengan daun jeruk dan jahe. Geprek jahe secukupnya dan masukkan bersama dengan daun jeruk. Bumbu aromatik ini juga dapat memberikan aroma khas pada ampela ayam.

Sekarang ampela pun sudah siap diolah menjadi sajian yang lezat kesukaan ENDEUSiast. Jika ENDEUSiast suka pete, coba kombinasikan ampela ayam dengan pete sehingga menjadi masakan ampela goreng pete .

Itulah beberapa tips yang bisa diberikan untuk mengolah ampela ayam agar tidak bau amis. Berbagai langkah diatas bisa dicoba untuk menciptakan kreasi masakan yang lezat nan menggoda untuk menu sehari-hari Tertarik?

Endeustorial

Ikuti Instagram