Garam memang menjadi pelengkap di setiap masakan. Tetapi bila dikonsumsi terlalu berlebihan pun akan memberikan efek bagi tubuh kita. Apa saja?

Di setiap masakkan pasti selalu membutuhkan garam. Bumbu yang wajib ada di dapur ini memang menjadi pelengkap setiap masakan. Tanpa garam, masakan akan terasa hambar. Masakan akan terasa nikmat bila kita menggunakan garam secukupnya. Tetapi, perlu diketahui bahwa mengkonsumsi banyak garam juga akan memberikan efek bagi tubuh kita. Kira-kira efek apa saja yang akan dirasakan? Mari simak pembahasannya di bawah ini.

1/ Merasa Haus Berlebihan

Pernahkah ENDEUSiast makan kacang asin, ikan asin atau keripik keju lalu tidak berapa lama merasa haus? Ya, itu dikarenakan kamu mengkonsumsi terlalu banyak garam pada makanan. Bila ENDEUSiast makan makanan yang tinggi garam maka tubuh akan kekurangan cairan atau dehidrasi sehingga membuat ENDEUSiast merasa haus yang berlebihan. Kandungan sodium pada garam yang membuat cairan dalam tubuh tidak seimbang.

2/ Sering Buang Air Kecil

Mengkonsumsi garam secara berlebihan ternyata juga dapat membuat kita sering buang air kecil. Sama halnya dengan point di atas, makanan yang mengandung sodium terlalu banyak akan mengendap dalam tubuh sehingga membuat ginjal untuk bekerja ekstra agar bisa menyaring cairan keluar dari tubuh. Inilah yang membuat produksi urin meningkat dan kita akan menjadi selalu ingin ke toilet untuk buang air kecil. Jadi, bila ENDEUSiast sedang dalam perjalanan jauh hindarilah makanan yang mengandung garam terlalu banyak agar tidak merepotkan kamu untuk pergi ke toilet.

3/ Mengalami Pembengkakan

Jika ENDEUSiast mengalami bengkak di beberapa bagian tubuh, bisa jadi dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi garam. Hal ini biasa disebut dengan edema yaitu pembengkakan pada bagian tubuh tertentu akibat kelebihan asupan garam. Ketika ENDEUSiast mengkonsumsi makanan yang tinggi garam, kandungan sodium akan mengendap dan bercampur dengan cairan lainnya sehingga mengakibatkan pembengkakan pada tubuh. Bila hal ini sudah terjadi, maka cara untuk menyembuhkannya adalah dengan banyak minum air putih. Tujuannya untuk melarutkan sodium sehingga tidak lagi mengendap dalam jaringan tubuh.

4/ Lidah Menjadi Kurang Peka Terhadap Rasa

Kandungan sodium pada garam juga dapat membuat indera pengecap kita yaitu lidah menjadi kurang bisa untuk merasakan makanan. Tidak heran bila ENDEUSiast mengkonsumsi makanan asin lalu mencoba makanan lain dengan rasa yang berbeda maka lidah akan kurang peka terhadap rasa pada makanan tersebut.

Segala sesuatunya memang tidak baik bila dikonsumsi secara berlebihan. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membuat ENDEUSiast untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi garam. Konsumsi garam secukupnya sesuai dengan kebutuhan pada masakan kamu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.