Resep masakan Jawa umumnya mempunyai citra rasa yang manis. Namun, tidak untuk oseng-oseng mercon khas Yogyakarta ini. Pedas dan bikin ketagihan!

Mendengar nama oseng-oseng mercon apa yang ENDEUSiast pikirkan? Pastinya terbayang rasanya yang pedas menggelegar di lidah ya. Masakan khas Yogyakarta ini memang terkenal dengan kengerian rasa pedasnya. Bisa dikatakan bahwa oseng-oseng mercon ini menjadi salah satu makanan favorit bagi pecinta masakan pedas.

Untuk makan oseng-oseng mercon ini, ENDEUSiast tidak perlu pergi jauh ke Yogyakarta. ENDEUSiast bisa membuat oseng-oseng mercon versi ENDEUSiast sendiri di rumah dengan mengikuti resep yang ada di bawah ini.

Bahan utama membuat oseng-oseng mercon :

250 gr daging sapi

Bumbu dihaluskan :

Cabai Merah sesuai selera

Cabai rawit sesuai selera

5 siung bawang merah

4 siung bawang putih

Ketumbar

Jinten

Jahe

Bumbu lainnya:

Lengkuas, memarkan

3 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk

2 batang serai, memarkan

Gula jawa

Garam

2 sdm air asam jawa

2 sdm kecap manis

Minyak goreng

Cara membuat oseng-oseng mercon :

Pertama, siapkan semua bumbu yang akan dihaluskan, cuci bersih. Untuk menghaluskan bumbu ENDEUSiast bisa gunakan blender atau dengan diulek. Haluskan semua bumbu mulai dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, jahe, ketumbar dan jinten. Ulek semua bumbu hingga halus. Bila menggunakan blender maka pastikan semua bumbu sudah halus tanpa menyisakan butir-butiran kasar.

Langkah selanjutnya adalah siapkan wajan yang diisi minyak secukupnya. Panaskan minyak dan mulailah tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi. Tumis hingga tercium bau harum.

Setelah itu masukkan bumbu lainnya seperti lengkuas, daun salam, daun jeruk dan serai. Tumis lagi hingga benar-benar matang dan mulai layu.

Masukkan daging sapi yang telah dipotong kecil-kecil ke dalam wajan. Tumis lagi bersamaan dengan bumbu tadi, aduk terus hingga daging berubah warnanya menjadi kecoklatan.

Masukkan 100 ml air ke dalam wajan, lalu tutup dan diamkan hingga daging mulai lunak.

Masukkan lagi air secukupnya dan biarkan daging benar-benar lunak.

Untuk memperkuat citra rasanya, ENDEUSiast bisa menambahkan gula jawa, garam, air asam jawa dan kecap manis sesuai selera. Aduk dan diamkan hingga air mulai mengental.

Jika sudah matang, oseng-oseng mercon siap dihidangkan bersama dengan nasi hangat.

Jangan lupa siapkan air minum putih hangat untuk menghilangkan rasa pedas di mulut ketika sedang memakan oseng-oseng mercon. Bila ENDEUSiast ingin mencoba resep oseng-oseng pedas lainnya bisa klik di sini . Demikianlah resep oseng-oseng mercon khas Yogyakarta yang bisa membuat lidah ENDEUSiast bergoyang tanpa henti karena rasanya yang super pedas. Selamat mencoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.